6+ Cara Mematikan Blitz Notifikasi iPhone

Kak Rey

6+ Cara Mematikan Blitz Notifikasi iPhone – Hai, para pengguna iPhone! Pernah nggak sih Kamu merasa notifikasi di iPhone suka gangguin? Misalnya lagi seru-serunya ngobrol, nonton film, atau lagi fokus kerja, tiba-tiba notifikasinya datang dan langsung bikin kaget. Nah, di artikel ini, kita mau bahas gimana caranya biar Kamu bisa matiin notifikasi yang tiba-tiba itu.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya.

Mengapa Kamu Harus Matikan Blitz Notifikasi

Banyak dari kita merasa risih dengan blitz notifikasi yang tiba-tiba datang, terutama saat lagi serius kerja, ngumpul bareng teman, atau bahkan waktu mau tidur nyenyak di malam hari. Yuk, mari kita bahas lebih serius sejenak. Kenapa sih penting banget buat Kamu matiin blitz notifikasinya? Ada beberapa alasan nih:

  1. Fokus Terjaga

Bayangin deh, lagi sibuk mengerjakan tugas penting, eh tiba-tiba ada blitz notifikasi yang nyala dan bikin kehilangan konsentrasi. Bukan cuma bikin mata pegel, tapi juga bisa bikin ide-ide bagus hilang begitu aja. Dengan matiin blitz notifikasi, Kamu bisa tetap fokus dan kerja jadi lebih lancar.

  1. Kurangi Stres

Banyak orang yang merasa jadi stres gara-gara notifikasi blitz yang terus-terusan bermunculan. Apalagi kalo isinya cuma pesan nggak penting atau malah spam. Kalo blitz notifikasinya dimatikan, Kamu nggak akan merasa terbebani sama notifikasi yang nggak perlu. Beneran deh, hidup jadi lebih tenang dan nyaman!

  1. Hemat Baterai

Iya, Kamu nggak salah denger! Matiin blitz notifikasi bisa bantu hemat baterai iPhone. Bayangin berapa banyak tenaga yang terbuang cuma buat nyalain blitz notifikasi yang nggak begitu penting. Kalo hemat baterai, berarti umur baterai iPhone bisa lebih tahan lama, dan Kamu nggak perlu sering nyari colokan charger.

  1. Kurangi Kecanduan Gadget

Pasti Kamu tahu kalo kecanduan gadget itu nggak baik. Dengan matiin blitz notifikasi, Kamu jadi nggak terlalu sering ngeliat iPhone dan nggak tergoda buat main gadget terus-menerus. Jadi, Kamu bisa lebih fokus pada kegiatan lain yang lebih positif.

Langkah Mudah Matikan Blitz Notifikasi di iPhone

  • Buka Pengaturan di iPhone

Kamu Pertama, buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone Kamu. Cari ikon yang mirip roda gigi, warnanya abu-abu. Gampang, kan? Tekan ikon itu aja.

  • Pilih Menu Notifikasi

Setelah masuk ke “Pengaturan”, cari menu “Notifikasi”. Tenang aja, nggak susah kok! Cukup scroll ke bawah sampai Kamu nemuin “Notifikasi” di antara opsi “Suara & Haptik” dan “Tampilan & Kecerahan”. Tekan “Notifikasi” ini, dan langsung lanjut ke langkah berikutnya.

  • Tentukan Aplikasi yang Mau Diatur

Di dalam menu “Notifikasi”, Kamu bakal lihat daftar aplikasi yang ada di iPhone Kamu. Bisa aja ada WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, atau aplikasi lain yang sering ngirim notifikasi. Sekarang, pilih aplikasi yang mau Kamu atur blitz notifikasinya. Cukup tekan aplikasi yang Kamu mau, dan kita siap lanjut ke langkah selanjutnya.

  • Sesuaikan Pengaturan Notifikasinya

Sudah pilih aplikasinya? Mantap! Sekarang saatnya ubah pengaturan notifikasinya. Di sini, Kamu akan nemuin berbagai pilihan yang bisa diatur sesuai selera Kamu. Mau ganti suara notifikasinya? Tentu aja bisa! Atau pengen nampilin pratinjau pesannya? Juga bisa! Pokoknya, atur sesuai keinginan Kamu.

  • Matikan Blitz Notifikasinya

Sekarang, kita menuju bagian penting: matiin blitz notifikasinya. Caranya gampang banget, deh. Cari opsi yang nyebutin “Blitz” atau “Flash” (nama bisa beda-beda, tapi intinya sama). Di situ, Kamu bakal nemuin tombol yang bisa Kamu slide ke kiri atau kanan. Geser aja tombol itu ke kiri, atau matiin, dan… voila! Blitz notifikasinya udah berhasil dimatikan. Selamat menikmati hidup yang lebih tenang, ya!

  • Atur Waktu Tidur untuk Notifikasi

Tunggu, belum selesai. Ada satu tips lagi biar notifikasi makin seru. Kamu pernah denger tentang waktu tidur notifikasi? Nah, fitur ini memungkinkan Kamu atur kapan notifikasi tampil dan kapan nggak usah ganggu. Misalnya, Kamu bisa set notifikasi nggak muncul pas Kamu tidur atau lagi istirahat. Caranya, di menu “Notifikasi” tadi, Kamu bisa atur “Waktu Tidur” atau “Quiet Hours” (tergantung bahasa iPhone Kamu).

Setel jam tidur Kamu, dan nikmati istirahat tanpa gangguan notifikasi yang bikin ribet.

Matikan Blitz Notifikasi untuk Aplikasi Tertentu dengan Mudah

  • WhatsApp

Siapa nih yang suka terganggu sama blitz notifikasi WhatsApp? Gak perlu khawatir, cara matiinnya simpel kok. Buka pengaturan WhatsApp, terus masuk ke menu “Notifikasi”. Di situ, Kamu akan lihat opsi “Blitz” atau “Flash”. Geser tombolnya ke kiri, dan voilà! Blitz notifikasi WhatsApp udah berhasil dimatikan.

  • Instagram

Gak mau ketinggalan, Instagram juga punya blitz notifikasi. Cara matiinnya gimana? Gampang! Buka profil Instagram Kamu, tekan ikon tiga garis di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan”, dan klik “Notifikasi”. Di sana, Kamu bisa nonaktifkan opsi “Blitz” atau “Flash”.

  • Facebook

Bagi yang sering diganggu blitz notifikasi Facebook, jangan khawatir! Solusinya ada di sini. Buka aplikasi Facebook, masuk ke menu “Pengaturan & Privasi”, lalu pilih “Pengaturan Notifikasi”. Di sana, Kamu bisa nonaktifkan opsi “Blitz” atau “Flash”, dan hidup jadi lebih tenang.

  • Twitter

Pengen nge-tweet tanpa gangguan blitz notifikasi? Gampang banget! Buka pengaturan Twitter, masuk ke menu “Notifikasi”, dan cari opsi “Blitz” atau “Flash”. Matiin tombolnya aja.

  • Email

Terakhir tapi nggak kalah penting, kita bahas cara matiin blitz notifikasi Email. Buka aplikasi Email, masuk ke menu “Pengaturan”, lalu pilih akun email yang mau diatur. Di bawah pengaturan notifikasi, Kamu bakal nemuin opsi “Blitz” atau “Flash”. Nonaktifkan aja, selesai.

Menghidupkan Mode Jangan Ganggu di iPhone

  1. Apa Itu Mode Jangan Ganggu?

Mode Jangan Ganggu ini adalah fitur keren yang ada di iPhone buat bantu Kamu dalem kondisi tenang, tanpa terganggu notifikasi terus-menerus. Ketika mode ini dinyalain, iPhone Kamu bakal nahan semua notifikasi, termasuk panggilan, pesan, dan notifikasi lainnya. Dengan begitu, Kamu bisa santai istirahat atau konsentrasi kerja tanpa diganggu.

  1. Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu

  • Buka “Pengaturan” di iPhone Kamu. (Cari ikon roda gigi abu-abu itu ya!)
  • Cari opsi “Jangan Ganggu” atau “Do Not Disturb” (kadang-kadang namanya beda-beda, tapi isinya sama). Tekan aja opsi itu.
  • Di sana, Kamu bakal lihat tombol yang bisa digeser ke kanan atau kiri. Geser aja tombol itu ke kanan buat nyalain Mode Jangan Ganggu. Tadaa! Kamu udah berhasil mengaktifkan mode ini.

Mengatur Notifikasi Sesuai Waktu dan Lokasi di iPhone

  1. Buka aplikasi “Pengingat” atau “Reminders” di iPhone Kamu.
  2. Buat pengingat baru dengan tap tombol “+” di pojok kanan atas.
  3. Tulis judul pengingatnya, terus tap tombol “i” di sisi kanan.
  4. Di sana, Kamu bisa nyalain opsi “Ingatkan saat tiba” atau “Ingatkan saat pergi”.
  5. Pilih lokasi yang Kamu mau, misalnya rumah atau kantor.

Selesai!  Sekarang, iPhone Kamu bakal kirim notifikasi sesuai lokasi yang Kamu atur.

Artikel Terkait

Bagikan: