Cara Mudah Mengatur Brightness Windows 10

Kak Rey

Cara Mudah Mengatur Brightness Windows 10 – Yuk, siapa di antara kamu yang sering bingung cara mengatur kecerahan layar di Windows 10? Nah, kami punya artikel keren yang bakal bantu kamu banget buat nguasai cara mengatur kecerahan layar di Windows 10 dengan gampang dan seru.

Ayo, kita mulai!

Mengenal Brightness

Jadi, brightness itu istilahnya buat ngukur seberapa terang atau cahaya yang keluar dari layar komputer atau laptop kita.

Gampang banget kan? Bayangin aja layar kayak lampu, kalau brightness-nya tinggi, layarnya jadi terang beneran, tapi kalau brightness-nya rendah, layarnya jadi lebih redup dan enak buat mata. Nah, yang seru, kamu bisa atur sendiri kecerahan layarnya sesuai yang kamu mau! Misalnya, lagi nonton film horor, bisa kamu turunin brightness-nya biar bener-bener serem. Atau kalau lagi kerja di ruangan terang, kamu bisa naikin brightness-nya supaya tulisan dan gambar lebih kelihatan.

Mengapa Mengatur Brightness Penting

“Eh, kenapa sih harus ngatur brightness? Enggak sekalian biarin aja?” Nah, pertanyaan kayak gini mungkin suka terlintas di pikiran kita.

Tapi, sebenarnya, ngatur brightness itu penting lho!

  • Nyaman Buat Mata

Mata kita tuh berharga banget, harus dijaga dengan baik! Nah, kalau kamu atur kecerahan layarnya pas, mata nggak bakal terlalu kuyu atau kepedesan gara-gara layar yang terlalu terang atau gelap. Dengan begitu, mata bakal lebih enak, dan waktu di depan komputer atau laptop jadi makin seru!

  • Ngehindarin Silau

Pernah nggak, pas lagi asyik main game atau nonton, tiba-tiba mata jadi merah-merah karena terlalu silau? Ih, pasti nggak enak banget, kan? Nah, kalau brightness-nya diset pas, kamu bisa ngurangin silau dan jaga mata tetap sehat.

  • Irit Listrik

Dengan ngatur brightness, kamu bisa irit listrik dan baterai laptop tahan lebih lama. Lumayan kan, nggak perlu repot cari stopkontak tiap saat.

Cara Mengatur Brightness di Windows 10

Nah, sekarang kamu udah tahu betapa pentingnya mengatur kecerahan layar kan? Yuk, langsung kita bahas caranya mengatur brightness di Windows 10 dengan cara yang asyik dan nggak ribet! Tenang aja, langkah-langkahnya simpel kok, kamu pasti bisa.

Menggunakan Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Settings dengan cara tekan tombol Windows dan I bersamaan. Jangan lupa, tekan kedua tombol itu bersamaan!

Kemudian, pilih opsi System.

Di sini kita bisa mengendalikan berbagai pengaturan di komputer atau laptop kita.

Klik tab Display.

Nah, di halaman ini, ada banyak pengaturan tentang layar, termasuk brightness. Pindahkan slider ke kiri atau kanan untuk atur kecerahan layar sesuai keinginanmu. Coba-coba pindahin slider-nya, siapa tahu nemuin kecerahan yang pas banget buat mata kamu!

Menggunakan Action Center

Buka Action Center dengan tekan tombol Windows dan A bersamaan, atau klik ikon Action Center di pojok kanan bawah layar. Di sini kamu bisa akses pengaturan-pengaturan cepat.

Klik ikon Brightness.

Nah, di sini ada slider buat atur kecerahan layar. Kayak lagi ngatur volume! geser slider ke kiri atau kanan sesuai selera kamu buat atur kecerahan layarnya. Jangan ragu coba beberapa level, siapa tahu ketemu yang pas buat mata kamu!

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Eits, jangan buru-buru putus asa! Ada cara lain buat atur kecerahan layar di Windows 10. Kali ini, kita pakai aplikasi dari pihak ketiga. Asyik, kan? Yuk, simak caranya! Pertama, download dan pasang aplikasi pihak ketiga yang bisa atur kecerahan layar, misalnya F.lux atau Dimmer.

Cari di internet yang sesuai buat komputermu.

Setelah itu, jalankan aplikasinya dan ikuti petunjuknya. Biasanya, aplikasi ini punya fitur canggih buat atur kecerahan layar otomatis, sesuai waktu atau cahaya sekitarmu.  Sesuaikan pengaturan kecerahan sesuai selera kamu, dan nikmati tampilan layar yang nyaman! Menggunakan Tombol Keyboard Sekarang kita sampai pada cara terakhir, yaitu pakai tombol di keyboard. Pada beberapa laptop, ada tombol khusus buat atur kecerahan layar.

Penasaran, kan? Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

Lihat tombol-tombol di keyboard laptopmu.

Ada nggak yang punya gambar matahari atau simbol kecerahan? Biasanya, tombol ini ada di sekitar tombol F1 sampai F12. Kalau nemu, berarti kamu beruntung nih! Untuk atur kecerahan, tekan tombol Fn (Function) di keyboard, lalu tekan tombol dengan simbol kecerahan tadi. Biasanya ada dua tombol, satu buat naikin kecerahan dan satu lagi buat turunin. Ingat, tekan keduanya bersamaan. Sesuaikan kecerahan layar sesuai selera kamu, dan nikmati tampilan layar yang nyaman!

Solusi Masalah Brightness di Windows 10

  1. Driver Grafis Driver grafis yang udah tua atau gak cocok bisa jadi sumber masalah kita nggak bisa atur kecerahan layar. Solusinya gampang, kok, yaitu update driver grafisnya!
  2. Klik kanan di ikon Start, trus pilih Device Manager. Ini tempat kita bisa atur semua perangkat keras di komputer atau laptop.
  3. Cari Display adapters dan klik tanda panah kecil di sampingnya. Nanti muncul daftar driver grafis yang dipake.
  4. Klik kanan di driver grafis yang mau di-update, lalu pilih Update driver.
  5. Pilih Search automatically for updated driver software.
  6. Komputermu bakal nyari dan pasang driver grafis yang cocok otomatis.
  7. Setelah selesai, restart komputermu, trus coba atur brightness layar lagi. Semoga sukses ya! Sistem Operasi Kadang, masalah brightness ini bisa karena sistem operasimu belum update.

Tips Mengatur Brightness

  1. Buka aplikasi Settings dengan tekan tombol Windows dan I barengan.  Pilih Update & Security.
  2. Klik tombol Check for updates dan tunggu sampai sistem nyari update yang ada. Kalau ada, langsung klik Install now dan ikuti petunjuknya.
  3. Setelah selesai, restart komputermu, trus coba atur brightness layar lagi. Mudah-mudahan lancar ya!

Layar Laptop Kalau ternyata masalah brightness ini bukan karena driver grafis atau sistem operasi, bisa aja layar laptop kita bermasalah. Solusinya? Pertama, cek kabel dan konektor layar laptopmu. Pastikan semuanya nyambung dengan baik dan gak ada kerusakan.

Kalau memang layar laptop rusak, lebih baik bawa ke tempat servis resmi buat diperiksa. Ingat, jangan coba-coba bongkar sendiri, nanti makin berantakan!

Kesimpulan

Kita udah bahas lengkap nih tentang cara atur brightness layar di Windows 10, dari pengaturan, Action Center, sampai tombol di keyboard.

Jangan lupa juga solusinya kalo ada masalah brightness, ya! Plus, udah tahu juga tips-tips seru buat atur brightness biar lebih enak, irit listrik, dan jaga mata kita.

Jadi, jangan ragu lagi buat atur kecerahan layarmu sesuai yang kamu mau dan kondisi sekitar. Dengan begitu, kita bisa kerja atau main dengan lebih enak, irit baterai dan mata nggak cepet pegel.

Ingat, ya, kesehatan mata itu penting, jangan sampai nyesel kemudian! Sekarang, kita udah kayak ahli dalam atur brightness di Windows 10.

Ayo, langsung praktekkin ilmu baru ini dan ceritain ke teman-temanmu!

Artikel Terkait

Bagikan: