7+ Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi

Kak Rey

7+ Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP XiaomiHai Xiaomi User! Pernah gak sih kamu merasa ribet liat HP penuh sama aplikasi, jadi susah nyari yang lagi kamu butuhin?

Atau, mungkin kamu punya aplikasi yang gak mau orang lain tahu? Tenang, kita punya caranya! Sekarang, kita bakal bahas gimana caranya munculin aplikasi yang kamu sembunyiin di HP Xiaomi!

Penasaran kan? Yuk, langsung aja kita baca artikel tentang Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi dan langsung praktekin ya!

7+ Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi
7+ Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi

Mengapa Aplikasi Tersembunyi Penting Bagimu

Coba bayangkan, kamu punya koleksi foto rahasia atau aplikasi chat pribadi yang nggak mau dilihat orang lain. Nah, makanya memiliki aplikasi tersembunyi itu jadi benar-benar penting! Selain untuk menjaga privasimu dari mata-mata penasaran teman atau keluarga, ada beberapa alasan lain kenapa aplikasi tersembunyi itu penting.

  1. Pertama, tentunya privasi itu perlu dijaga kan? Dengan menyembunyikan aplikasi tertentu, kamu bisa memastikan isi HPmu nggak diintip orang lain. Data pribadimu aman dan terlindungi pastinya!
  2. Kedua, siapa sih yang suka bingung liat tampilan HP yang berantakan? Nah, dengan menyembunyikan aplikasi yang jarang digunakan, tampilan layar HPmu jadi lebih rapi dan enak dipandang. Jadi nggak perlu repot mencari aplikasi penting yang sering dipakai, karena yang nggak terlalu penting sudah bisa “disapu bersih”!
  3. Ketiga, kadang-kadang kita butuh aplikasi yang memang nggak perlu dilihat semua orang kan? Contohnya, aplikasi khusus untuk mencatat makanan yang kamu konsumsi atau aplikasi keuangan pribadi. Dengan menyembunyikan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa menjaga rahasia kecil yang nggak perlu diketahui semua orang.

Mengaktifkan Fitur Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi

Sekarang kita udah tahu kenapa aplikasi tersembunyi itu penting ya. Sekarang, yuk kita bahas gimana caranya mengaktifkan fitur ini di HP Xiaomi kamu.

Gak usah khawatir, caranya simpel kok! Ada dua cara yang bisa kamu coba.

Menggunakan Pengaturan HP

Cara pertama, kita bisa pakai fitur bawaan dari Xiaomi yang udah ada di sistem operasi MIUI. Nggak perlu susah-susah download aplikasi tambahan deh! Cukup ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka menu Pengaturan di HP kamu.
  2. Cari opsi Aplikasi Tersembunyi atau App Lock.
  3. Pilih opsi tersebut, terus masukkan kata sandi, pola, atau sidik jari yang kamu gunakan.
  4. Sekarang kamu bisa mulai menyembunyikan aplikasi sesuai yang kamu mau!

Pake Aplikasi Pihak Ketiga

Kalau kamu merasa fitur bawaan dari MIUI kurang pas, nggak masalah, kamu bisa coba gunakan aplikasi dari pihak ketiga yang bisa diunduh dari Google Play Store. Beberapa aplikasi populer contohnya seperti:

  • Nova Launcher
  • Apex Launcher
  • ADW Launcher

Yuk, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan fitur aplikasi tersembunyi dengan aplikasi pihak ketiga:

  1. Unduh dan pasang salah satu aplikasi launcher yang tadi disebutkan.
  2. Buka aplikasinya, lalu ikuti panduan untuk mengatur launcher sebagai default.
  3. Navigasi ke menu pengaturan launcher, cari opsi aplikasi tersembunyi atau yang serupa.
  4. Pilih opsi tersebut, lalu masukkan kata sandi, pola, atau sidik jari yang kamu gunakan.
  5. Tada! Kini kamu bisa mulai menyembunyikan aplikasi sesuai keinginanmu!

Cara Menampilkan Lagi Aplikasi Tersembunyi Menggunakan Pengaturan HP

Langkah-langkah Menampilkan Aplikasi Tersembunyi, Gampang Banget!

  1. Buka menu Pengaturan di HP kamu.
  2. Cari opsi Aplikasi Tersembunyi atau App Lock.
  3. Pilih opsi tersebut, lalu masukkan kata sandi, pola, atau sidik jari yang kamu pakai.
  4. Sekarang kamu akan melihat daftar aplikasi yang tadinya kamu sembunyikan.
  5. Cukup klik aplikasi yang ingin kamu tampilkan lagi, lalu pilih Tampilkan.
  6. Tada! Aplikasi yang tadinya disembunyikan sudah muncul kembali di layar utama HP kamu.

Solusi Masalah Umum

Kalau kamu menghadapi kendala saat mencoba menampilkan aplikasi tersembunyi, jangan khawatir ya! Cobalah langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan kamu menggunakan versi MIUI terbaru. Periksa di menu pengaturan, siapa tahu ada pembaruan yang belum kamu pasang.
  2. Coba restart HP kamu. Terkadang, merestart bisa menjadi solusi untuk berbagai masalah, termasuk masalah aplikasi tersembunyi yang sedang bandel.
  3. Jika masalah masih berlanjut, cari solusinya di forum atau komunitas Xiaomi. Mungkin ada pengguna lain yang pernah mengalami hal serupa dan sudah menemukan cara mengatasinya.

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Sekarang, kita mau ngasih tahu cara lain buat nampilin aplikasi tersembunyi, yaitu lewat aplikasi pihak ketiga. Pilih Aplikasi yang Cocok untuk Kamu! Berikut ini beberapa pilihan yang kami rekomendasikan:

  1. Nova Launcher
  2. Apex Launcher
  3. ADW Launcher

Yuk, pilih satu dari aplikasi-aplikasi ini sesuai yang menurut kamu paling bagus!

Langkah-langkah Menampilkan Aplikasi Tersembunyi

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi launcher yang kamu pilih tadi.
  2. Buka aplikasinya, lalu ikuti petunjuknya untuk mengatur launcher menjadi yang utama. Biasanya ada panduan yang mudah diikuti, jadi gak perlu khawatir!
  3. Buka pengaturan launcher, cari opsi aplikasi tersembunyi atau yang serupa. Setiap aplikasi bisa berbeda, jadi pastikan kamu teliti, ya!
  4. Pilih opsi itu, lalu masukkan kata sandi, pola, atau sidik jari yang biasa kamu pakai.
  5. Tada! Sekarang kamu akan melihat daftar aplikasi yang tadinya kamu sembunyikan.
  6. Pilih aplikasi yang mau kamu tampilkan lagi, lalu pilih Tampilkan atau Buka Kunci.
  7. Voila! Aplikasi yang tadinya tersembunyi sudah muncul kembali di layar utama HP kamu.

Nah, sekarang kamu bisa dengan mudah menampilkan lagi aplikasi yang kamu sembunyikan.

Manfaat Menyembunyikan Aplikasi

  1. Menghindari pencurian data: Dengan menyembunyikan aplikasi yang berisi informasi pribadi, kita dapat mengurangi risiko pencurian data oleh hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Menjaga privasi: Pasti kita tidak ingin kan, orang lain tahu tentang aspek pribadi dalam hidup kita? Dengan menyembunyikan aplikasi yang berhubungan dengan hal-hal pribadi, kita dapat menjaga privasi kita dengan lebih baik.
  3. Melindungi akun: Terkadang, aplikasi yang kita sembunyikan juga berkaitan dengan akun-akun pribadi kita, seperti email atau media sosial. Dengan menyembunyikan aplikasi ini, kita dapat melindungi akun-akun kita dari ancaman keamanan.

Kesimpulan

Nah, teman-teman Xiaomi, sekarang kamu udah tahu kan, gimana cara menampilkankan aplikasi tersembunyi di HP Xiaomi? Ternyata nggak sulit loh! Baik lewat fitur MIUI bawaan atau aplikasi dari luar, kamu bisa dengan gampang menyembunyikan dan menampilkannya lagi.

Selain bikin tampilan HPmu lebih rapi, aplikasi tersembunyi juga punya manfaat buat menjaga keamanan dan privasimu loh!

Kalau kamu punya pertanyaan atau ada masalah, jangan ragu buat cari jawaban di forum atau komunitas Xiaomi.

Sekarang, yuk kita coba praktekin! Cobain deh cara-cara yang udah kita bahas tadi. Siapa tahu, aplikasi tersembunyi ini bisa jadi andalanmu buat menjaga privasi dan keamanan di HP Xiaomi kesayanganmu. Nah, itu dia penjelasan mengenai Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Xiaomi.

Semoga bermanfaat!

 

Artikel Terkait

Bagikan: