5+ Trik Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

5+ Trik Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone – Hai Pecinta iPhone! Lagi bingung cara cek kapan kamu beli iPhone? Atau mungkin kamu mau beli iPhone bekas tapi takut pilih yang salah? Jangan khawatir, di sini kita akan bahas segala hal tentang iPhone yang pasti berguna buat kamu.

Di artikel ini, kita akan ceritain cara cek tanggal pembelian iPhone dengan cara yang gampang dan simpel. Setelah baca, kamu bakal tahu berapa lama garansi iPhone kamu masih berlaku, kapan bisa servis, dan umur perangkat kamu.

Yuk, langsung aja kita mulai petualangan di dunia iPhone!

5+ Trik Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

Kenapa Harus Tahu Tanggal Beli iPhone?

  1. Garansi dan Layanan iPhone

Pernah nggak kamu bingung, “Hmm, udah berapa lama ya garansi iPhone ini?” Nah, tanggal pembelian ini bermanfaat banget buat kamu yang lupa berapa lama garansi iPhone kamu. Tanggal pembelian juga bisa jadi cara untuk ngecek apakah iPhone kamu masih bisa di-garansi atau nggak loh!

Jadi, kalau ada masalah, kamu gak usah panik. Kamu bisa langsung bawa iPhone kamu ke pusat layanan terdekat.

  1. Jual Beli iPhone Bekas

Sekarang, buat kamu yang mau beli atau jual iPhone bekas, perhatiin ya. Saat kamu beli iPhone bekas, penting banget tahu umur perangkatnya, biar nggak kecewa.

Nah, tanggal pembelian bisa jadi petunjuk penting buat kamu. Selain itu, kalau kamu mau jual iPhone kamu, pasti calon pembeli bakal nanya-nanya tentang umur perangkatnya.

Jadi, supaya semua transaksi lancar, nggak ada salahnya siap-siap tahu tanggal pembelian iPhone kamu ya!

Cara Mudah Cek Tanggal Beli iPhone

Nah, setelah tadi kita bahas pentingnya tahu tanggal beli iPhone, sekarang mari kita lihat cara ceknya. Santai aja, nggak usah bingung, kita akan jelaskan langkah-langkahnya dengan mudah!

  1. Gunakan Nomor Seri iPhone

Kamu pasti udah gak sabar mau tau cara cek tanggal beli iPhone kan? Tenang, kita mulai dengan cara yang paling simpel, yaitu lewat nomor seri iPhone.

Tapi sebelum itu, mari kita cari dulu nomor serinya. Yuk, simak caranya!

Cara Temukan Nomor Seri iPhone

Tenang aja, gampang kok cari nomor serinya! Kamu bisa temukan nomor seri iPhone dengan 3 cara berikut:

  1. Buka “Pengaturan” > “Umum” > “Tentang.” Scroll ke bawah, dan tada! Nomor serinya bakal muncul di layarmu.
  2. Kalau kamu malas buka aplikasi, coba lihat di bagian belakang iPhone. Nomor serinya ada di sana.
  3. Atau, cek kotak iPhonemu. Mungkin kotaknya masih ada di lemari.

Cara Cek Tanggal Beli dengan Nomor Seri

Setelah dapat nomor serinya, sekarang kita cek tanggal pembelian. Caranya mudah banget, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka situs Apple di sini: https://checkcoverage.apple.com Masukkan nomor serimu di kolom yang tersedia. Pastikan tidak salah ketik ya! Akan ada kode verifikasi di layar. Isi kode itu, lalu klik “Lanjut.” Taraa! Informasi tentang tanggal beli, garansi, dan layanan teknis iPhone kamu akan muncul.

  1. Gunakan Aplikasi Apple Support

Kalau cara nomor seri masih kurang, tenang aja, ada cara lain yang lebih praktis, yaitu menggunakan Aplikasi Apple Support. Sudah tahu belum? Kalau belum, yuk kita lihat caranya!

Cara Pakai Aplikasi Apple Support

  1. Pertama-tama, unduh dan pasang aplikasi Apple Support di iPhonemu. Tenang, gratis kok! Buka aplikasi Apple Support, lalu masuk dengan ID Apple kamu. Jangan lupa email dan passwordnya ya!
  2. Sekarang kamu akan melihat daftar perangkat yang terhubung dengan ID Applemu.
  3. Pilih iPhone yang ingin kamu cek tanggal belinya. Di halaman info perangkat, kamu bisa lihat tanggal pembelian iPhone dengan mudah.

Minta Penjual atau Toko

Selain lewat nomor seri dan Aplikasi Apple Support, ada cara lain yang bisa dicoba, yaitu tanya langsung ke penjual atau toko. Ini penting banget, terutama kalau kamu beli iPhone di toko resmi atau penjual terpercaya.

Jika beli iPhone dari penjual atau toko resmi, biasanya mereka akan kasih informasi tentang tanggal beli lewat nota atau faktur pembelian. Jadi, simpan baik-baik nota atau faktur itu ya, biar nggak ribet nyari tanggal beli lagi.

Tips Jitu Beli iPhone Bekas

Bagi kamu yang lagi cari iPhone bekas, kita punya beberapa saran nih agar kamu gak salah pilih dan tetap senang dengan iPhone yang kamu beli. Penasaran? Langsung aja yuk, kita bahas saran-saran ini!

  1. Periksa Kondisi Fisik iPhone

Pertama-tama, pastikan iPhone yang akan kamu beli masih dalam kondisi baik. Supaya gak menyesal, jangan lupa cek kondisi fisik iPhone, seperti:

  • Layar: Pastikan nggak ada goresan atau retak yang mengganggu tampilan.
  • Tombol: Coba tekan tombol Home, volume, dan power. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.
  • Port: Jangan lupa periksa port charger dan headphone, agar gak kesulitan saat mau mengisi daya.
  1. Periksa Kondisi Baterai iPhone

Baterai merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat membeli iPhone bekas. Kita gak ingin kan baru beli iPhone, eh ternyata baterainya udah lemah. Supaya gak kejadian seperti itu, ikuti langkah ini:

Buka “Pengaturan” > “Baterai” > “Kesehatan Baterai.” Di situ, kamu akan melihat persentase kapasitas maksimum baterai. Kalau persentasenya masih di atas 80%, berarti baterainya masih bagus. Tapi kalau sudah di bawah 80%, lebih baik berpikir dua kali untuk membelinya.

  1. Periksa Kunci Aktivasi iPhone

Terakhir, saran yang tak kalah penting. Periksa kunci aktivasi iPhone! Supaya gak terjebak dengan iPhone yang masih terkunci iCloud, lakukan langkah berikut:

Pastikan iPhone yang akan kamu beli sudah keluar dari akun iCloud sebelumnya. Caranya, buka “Pengaturan” > tap nama pengguna > scroll ke bawah, lalu tap “Keluar.” Jika iPhone masih terkunci iCloud, minta penjual untuk keluar terlebih dahulu sebelum kamu membelinya.

Kesimpulan

Nah, buat kamu yang suka iPhone, udah pada paham kan cara cek tanggal beli iPhone dan tips buat beli iPhone bekas? Intinya, tanggal pembelian iPhone itu penting banget, biar kita tahu berapa lama garansinya, kapan bisa servis dan umur perangkat kita.

Ada beberapa cara cek tanggal beli, misalnya lewat nomor seri, Pakai Aplikasi Apple Support, atau tanya langsung ke penjual atau tokonya. Belum cukup? Jangan khawatir, kita juga sudah bahas tips buat kamu yang mau beli iPhone bekas. Cek kondisi fisik, baterai dan pastikan kunci aktivasinya oke, biar kamu gak menyesal belinya.

Intinya, jangan ragu buat teliti dan tanya banyak ke penjual ya!

Yuk, terapkan pengetahuan yang kita dapatkan bareng ini dan jadi konsumen yang cerdas. Semoga artikel ini membantu kamu lebih mengerti tentang iPhone. Jangan lupa bagikan ke teman-teman biar mereka juga tahu!

Selamat mencoba, untuk kamu pecinta iPhone! Ingat, kita belajar bersama-sama, jadi ayo berbagi pengetahuan yang kamu dapat. Salam iPhone Mania!