6+ Cara Download Playlist YouTube ke MP3 di Android

6+ Cara Download Playlist YouTube ke MP3 di Android – Hai kamu! Gimana kabarnya? Kali ini kita bakal bahas cara gampang buat download playlist YouTube jadi MP3 di Android lho.

Dalam artikel ini, kamu akan diajarin cara lengkap buat menikmati playlist favorit tanpa streaming. Penasaran? Yuk, kita ulas langkah-langkahnya mulai dari persiapan, seperti install aplikasi bantu dan aktifin “Sumber Tidak Dikenal”, sampai proses download playlist jadi MP3.

Selamat baca ya! Semoga info ini bermanfaat buat kamu.

6+ Cara Download Playlist YouTube ke MP3 di Android

6+ Cara Download Playlist YouTube ke MP3 di Android

Kenapa Kamu Harus Download Playlist YouTube?

Siapa yang tidak kenal YouTube? YouTube nggak cuma buat cari info, tapi juga punya hiburan seru, mulai dari video lucu sampe playlist lagu yang bikin hati senang. Nah, playlist lagu di YouTube tuh bikin betah nongkrong lama di sana. Tapi, pernah kepikiran nggak sih, seru banget kan kalau lagu-lagu favorit dari playlist YouTube bisa kamu nikmatin pas lagi offline?

Nah, ini dia alasan kenapa download playlist YouTube jadi MP3 di Android penting banget. Yuk, kita bahas beberapa alasan supaya kamu makin yakin buat coba cara ini:

  • Santai Dengerin Lagu Tanpa Internet

Nggak usah repot nyari sinyal internet yang stabil. Dengan download playlist YouTube jadi MP3, kamu bisa nikmatin lagu-lagu favorit di mana aja dan kapan aja.

  • Kuota Hemat Banget

Dengerin lagu lewat streaming emang enak, tapi suka khawatir kuota tiba-tiba ludes kan? Dengan download playlist YouTube jadi MP3, kamu bisa hemat kuota tapi tetap bisa asyik dengerin lagu sepuasnya!

  • Atur Playlist Lebih Bebas

Download playlist YouTube, kamu bisa atur lagu-lagu sesuai yang kamu mau.

  • Lagu Berkuualitas Tinggi

Download lagu format MP3 biar bisa nikmatin kualitas suara terbaik. Plus, ada aplikasi yang bisa kamu atur kualitas MP3 sesuai kebutuhanmu.

  • Dengerin Lagu Pakai Pemutar Musik Favorit

Lagu-lagu yang udah didownload bisa diputer pakai pemutar musik favoritmu. Nggak perlu tergantung sama aplikasi YouTube, bebas pilih pemutar musik yang paling cocok sama selera kamu.

Siapkan Dulu Sebelum Download Playlist YouTube

Sebelum kita lanjut ke langkah download playlist YouTube, ada beberapa hal yang perlu kamu siapin nih.

Biar nggak kebingungan, yuk, kita lihat dulu apa aja yang harus dipersiapkan sebelumnya!

  1. Pasang Aplikasi Pendukung

Penasaran kan gimana caranya download playlist YouTube jadi MP3? Jawabannya ada di aplikasi pendukung yang khusus dibikin buat itu!

Cari aja di Play Store, ada banyak aplikasi yang bisa nolong kamu, seperti TubeMate, VidMate, atau Snaptube. Nah, pastikan kamu pilih yang paling pas buat kamu ya. Setelah itu, langsung aja install di HP Android kamu.

  1. Nyalakan “Sumber Tidak Dikenal”

Tapi, sebelum kita mulai, ada satu langkah lagi, yaitu nyalain opsi “Sumber Tidak Dikenal” di HP Android kamu. Nah, mungkin kamu mikir, “Ini buat apa sih?” Nah, fungsinya biar kamu bisa install aplikasi dari tempat lain selain Play Store.

Caranya gampang, masuk aja ke Pengaturan > Keamanan di HP Android kamu. Di situ, ada opsi “Sumber Tidak Dikenal”, tinggal kamu aktifin aja.

Cara Download Playlist YouTube Jadi MP3

  • Buka Aplikasi

Pertama-tama, buka aja aplikasi yang udah kamu install tadi, kayak TubeMate, VidMate, atau Snaptube. Di sini, kita mulai petualangan buat download playlist YouTube yang kamu mau!

  • Salin Link Playlist

Nah, sekarang buka aplikasi YouTube di HP kamu, cari playlist yang pengen kamu download. Udah ketemu? Oke, sekarang kita harus salin link playlist-nya supaya bisa dipaste di aplikasi bantu. Caranya gampang, klik aja tombol “Bagikan” yang ada di bawah video, trus pilih “Salin Link”.

  • Tempel Link Playlist

Sekarang balik lagi ke aplikasi pendukung yang tadi udah kamu pasang. Di situ, cari tempat buat tempel link playlist tadi. Biasanya ada tanda tambah atau tulisan “paste” yang bisa kamu cari. Begitu nemu tempatnya, langsung aja paste link playlist yang tadi kamu salin.

  • Pilih Format MP3

Nah, setelah link playlist ada di situ, biasanya aplikasi bakal tanya format output yang kamu mau. Kita mau download jadi MP3, jadi pastiin pilih format MP3 ya.

  • Mulai Download

Oke, sekarang tinggal klik tombol “Download” atau “Mulai” di aplikasi pendukung tadi. Pastiin sinyal internet kamu stabil, supaya downloadnya lancar. Tunggu beberapa menit dan selesai deh! Playlist YouTube jadi MP3 sukses kamu download!

  • Simpan MP3

Setelah download selesai, file MP3 dari playlist yang kamu pilih tadi bakal tersimpan di HP kamu. Biasanya, aplikasi bantu bakal tersimpan di folder tertentu yang sudah kamu atur sebelumnya.

Tips Menyusun File MP3 yang Sudah Kamu Download

Nah, setelah berhasil download playlist YouTube jadi MP3, pasti pengen dong file-file ini rapi dan gampang dicari pas mau dengerin? Tenang aja, kita punya beberapa tips buat menyusun file MP3 yang udah kamu download tadi. Yuk, simak tipsnya!

  1. Gabungin MP3 ke Album Satu

Cara biar file MP3-nya lebih teratur dan gampang dicari, kamu bisa gabungin semuanya jadi satu album. Gimana caranya? Kamu bisa pakai aplikasi kayak MP3tag atau pemutar musik yang bisa kelola album.

Dengan begini, semua lagu dari playlist yang kamu download bisa dikelompokkan jadi satu album yang sama.

  1. Urutkan Lagu Sesuai Selera

Biar koleksi lagu MP3 jadi lebih personal, urutkan sesuai selera aja! Bisa urut berdasarkan judul, penyanyi, atau genre supaya lebih gampang nyarinya.

Dengan begitu, nggak perlu repot nyari lagu favorit di tengah-tengah semua yang kamu download.

  1. Buat Playlist Baru di Pemutar Musik

Selain gabungin ke album, kamu juga bisa buat playlist baru di aplikasi pemutar musik yang kamu pakai.

Dengan playlist baru, bisa tambahin lagu-lagu yang udah didownload. Jadi, pas pengen dengerin, tinggal pilih playlist yang cocok.

Tambahin lagu-lagu yang udah kamu download ke playlist itu. Kasih nama playlist sesuai tema atau suasana hati, kayak “Lagu Santai” atau “Tren 2023”.

Kesimpulan

Nah, gitu caranya download playlist YouTube jadi MP3 di HP Android, gampang dan praktis banget kan! Dengan langkah-langkah tadi, kamu bisa dengerin lagu favorit kapan aja tanpa harus konek internet.

Pertama-tama, siapin dulu aplikasi bantu kayak TubeMate, VidMate, atau Snaptube, terus nyalain “Sumber Tidak Dikenal”.

Selanjutnya, salin link playlist YouTube yang mau kamu download, terus tempelkan di aplikasi bantu, pilih format MP3, dan mulai download. Jangan lupa atur file MP3-nya juga, bisa digabung jadi satu album, urut sesuai selera, atau bikin playlist baru di pemutar musik.

Dengan tips di atas, koleksi lagu di HP kamu bakal rapi dan gampang dicari.  Sekarang, selamat dengerin lagu favoritmu!

Semoga artikel ini membantu, dan selamat mencoba!