9+ Langkah Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal

Kak Rey

9+ Langkah Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal – Kamu pasti pernah merasa kesulitan saat menggunakan Microsoft Word ya? Misalnya, tampilannya yang rumit dan tidak mudah digunakan, fitur-fitur yang kurang maksimal, atau bahkan lupa menyimpan dokumen.

Tenang, kali ini aku akan memberikan tips keren yang bisa membantu kamu mengoptimalkan penggunaan Microsoft Word!

Di artikel ini, kita akan membahas cara mengubah tampilan Word menjadi lebih sederhana dan fitur-fitur lain yang memudahkan kita dalam mengerjakan tugas.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menggunakan Microsoft Word!

Selamat Membaca!

Kenapa Harus Mengubah Tampilan Word Jadi Normal

Kamu tahu gak kenapa kita harus mengubah tampilan Word jadi normal? Sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa kita perlu melakukannya.

Pertama, tampilan normal bikin Kamu lebih fokus saat bekerja. Kamu gak akan diganggu oleh fitur-fitur yang gak penting saat itu.

Kedua, tampilan normal bikin Kamu bisa mengakses semua fitur dan fungsi Word dengan lebih efisien. Jadi, Kamu bisa mengerjakan tugas dengan lebih cepat dan lancar.

Langkah-langkah Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal

1. Buka Microsoft Word

Mulai dengan membuka Microsoft Word. Kalau Kamu belum punya aplikasi Word, buruan deh install dulu. Setelah berhasil terinstall, buka aplikasi Word-nya dan Kamu siap meluncur ke langkah selanjutnya.

2. Melihat Tampilan Saat Ini

Sekarang, Kamu udah di dalam Word. Lihat deh tampilan yang lagi aktif di aplikasi Kamu. Mungkin tampilannya beda-beda, tergantung pengaturan sebelumnya. Gak usah khawatir, nanti kita akan ganti tampilannya menjadi normal.

3. Membuka Tab View

Untuk mengubah tampilan, kita perlu membuka tab “View” yang ada di bagian atas jendela Word. Klik aja tab tersebut, dan Kamu akan disuguhkan beberapa opsi tampilan yang ada. Tinggal pilih tampilan yang Kamu inginkan.

4. Mengubah Tampilan Ke Draft

Selanjutnya, kita lanjut ke opsi tampilan “Draft.” Tampilan ini cocok banget buat Kamu yang ingin fokus pada teks dan struktur dokumen. Cukup klik opsi “Draft” di bawah tab “View,” dan tampilannya langsung berubah jadi Draft.

5. Mengubah Tampilan Ke Print Layout

Tersedia juga tampilan “Print Layout” yang bagus untuk melihat bagaimana dokumen akan terlihat saat dicetak. Klik saja opsi “Print Layout” di bawah tab “View,” dan Kamu bisa melihat tampilan dokumen yang mirip hasil cetakan.

6. Mengubah Tampilan Ke Web Layout

Selanjutnya, ada tampilan “Web Layout” yang berguna untuk melihat bagaimana dokumen akan terlihat di browser web. Coba saja klik opsi “Web Layout” di bawah tab “View,” dan Kamu akan melihat tampilan dokumen seperti di browser.

7. Mengubah Tampilan Ke Outline

Jangan lupa, ada juga tampilan “Outline” yang pas untuk melihat struktur dokumen secara keseluruhan. Klik opsi “Outline” di bawah tab “View” untuk tampilan yang lebih rapi dan terstruktur.

8. Mengubah Tampilan Ke Full Screen Reading

Pengen baca dokumen tanpa gangguan? Tampilan “Full Screen Reading” adalah pilihan yang tepat! Klik saja opsi “Full Screen Reading” di bawah tab “View” untuk tampilan layar penuh yang nyaman saat membaca.

9. Mengatur Zoom

Terakhir, Kamu bisa mengatur zoom agar tampilan sesuai dengan kebutuhan. Mau dokumen terlihat lebih besar atau lebih kecil? Tinggal atur zoom-nya di bawah tab “View.” Kamu bisa mengatur sesuai dengan preferensi Kamu.

Tips Tambahan untuk Menggunakan Microsoft Word

Udah tahu kan caranya mengubah tampilan Word menjadi normal? Tapi tunggu dulu! Gak lengkap rasanya kalau kita gak kasih tips-tips keren untuk memaksimalkan penggunaan Microsoft Word. Biar makin mantap, langsung aja yuk kita simak tips tambahannya!

  1. Shortcut Keyboard: Biar makin gesit, Kamu bisa memanfaatkan shortcut keyboard lho. Misalnya, tekan Ctrl + B untuk membuat teks jadi bold, atau Ctrl + U agar teksnya bergaris bawah.
  2. Autosave: Kadang kita lupa untuk menyimpan dokumen kan? Nah, biar gak kejadian lagi, aktifkan fitur autosave di Word. Caranya, klik “File” lalu pilih “Options” dan masuk ke “Save.” Centang opsi “Save AutoRecover information” dan atur interval waktunya.
  3. Quick Access Toolbar: Biar makin praktis, tambahkan fitur-fitur favorit Kamu ke Quick Access Toolbar. Klik kanan di toolbar, pilih “Customize Quick Access Toolbar,” lalu pilih fitur yang Kamu inginkan.
  4. Templates: Mau bikin dokumen yang keren? Manfaatkan saja template yang sudah ada di Word. Buka “File,” pilih “New,” lalu cari template yang Kamu suka. Tinggal isi sesuai kebutuhan Kamu.
  5. Collaboration: Mau kerja bareng teman? Word bisa lho! Klik “File,” pilih “Share,” lalu undang teman-teman Kamu untuk mengedit dokumen secara bersamaan. Sekarang kerja kelompok jadi makin asyik!

Kesimpulan

Sekarang, Kamu sudah tahu cara mengubah tampilan Word menjadi normal dan beberapa tips keren untuk memaksimalkan penggunaan Microsoft Word.

Dengan mengubah tampilan Word menjadi normal, Kamu bisa lebih fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan dan mengakses semua fitur dan fungsi Word dengan lebih efisien. Selain itu, dengan memanfaatkan tips seperti shortcut keyboard, autosave, Quick Access Toolbar, templates, dan collaboration, Kamu bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas dalam mengerjakan tugas menggunakan Microsoft Word.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai terapkan tips-tips ini dan jadilah pengguna Word yang lebih produktif dan efisien! Ingat, kesuksesan dalam menggunakannya tidak hanya bergantung pada seberapa banyak Kamu menguasai fitur-fiturnya, tapi juga seberapa kreatif Kamu dalam memanfaatkan fitur-fitur tersebut.

Terus belajar dan jangan takut mencoba hal baru! Dengan tekad dan semangat yang kuat, Kamu pasti bisa menjadi ahli dalam menggunakan Microsoft Word. Selamat mencoba dan sukses selalu!

FAQ

Apakah semua versi Microsoft Word memiliki opsi tampilan yang sama?

Sebagian besar versi Word memiliki opsi tampilan yang mirip dan mudah digunakan, meskipun tidak semua versi memiliki opsi yang identik.

Apakah mengubah tampilan Word menjadi normal akan memengaruhi isi dokumen?

Tidak, mengubah tampilan Word menjadi normal tidak akan memengaruhi isi dokumen sama sekali. Hanya tampilannya saja yang berubah menjadi lebih sederhana dan mudah digunakan?

Apakah kita bisa mengembalikan tampilan Word seperti semula setelah mengubahnya menjadi normal?

Ya, Kamu bisa mengembalikan tampilan Word menjadi seperti semula dengan cara yang sama seperti ketika mengubahnya menjadi normal. Cukup klik opsi tampilan yang Kamu inginkan di bawah tab “View.”

Apakah opsi tampilan “Full Screen Reading” hanya berguna untuk membaca dokumen?

Tidak, opsi tampilan “Full Screen Reading” juga bisa digunakan untuk mengedit dokumen. Tampilan yang lebih luas membuat Kamu lebih fokus pada dokumen yang sedang dikerjakan.

Cara mengembalikan tampilan zoom ke semula setelah mengubahnya?

Untuk mengembalikan tampilan zoom ke semula, cukup klik tombol zoom ke angka 100% atau gunakan shortcut keyboard Ctrl + 0.

Semoga jawaban-jawaban ini membantu Kamu dalam menggunakan Microsoft Word dengan lebih nyaman dan efisien!

Artikel Terkait

Bagikan: