8 Cara Membuat CV di HP Dengan Mudah

Kak Rey

8 Cara Membuat CV di HP Dengan Mudah – Kamu bisa membuat CV di HP dengan mudah, terutama jika kamu malas melakukannya lewat komputer. Memiliki curriculum vitae (CV) sangat penting, terutama ketika kamu ingin melamar pekerjaan.

Isi dari CV bervariasi tergantung kebutuhan, tapi secara umum, ada beberapa data yang bisa kamu gunakan sebagai template.

Beberapa Aplikasi Dan Website Buat CV

1. Canva

Kamu pasti sudah familiar dengan Canva, sebuah website dan aplikasi desain yang populer digunakan oleh berbagai kalangan. Dengan Canva, kamu bisa mendesain poster, postingan, dan berbagai hal kreatif lainnya, termasuk CV.

Kabar baiknya, kamu bisa membuat CV di HP dengan mudah dan gratis hanya dengan menggunakan aplikasi Canva ini. Tersedia di Play Store dan App Store, jadi kamu tidak dibatasi pada penggunaan website saja, tetapi juga bisa mendownload aplikasinya untuk kenyamananmu.

2. CV Engineer Untuk Bikin CV di Hp

Kamu juga bisa membuat CV di HP dengan menggunakan CV Engineer. Aplikasi pembuat CV ini sangat mudah digunakan. Berbeda dengan Canva yang membutuhkan sedikit sentuhan desain, CV Engineer memungkinkanmu untuk langsung memasukkan data diri ke dalam formulir yang disediakan.

Selanjutnya, aplikasi ini akan merangkum data tersebut menjadi CV sesuai dengan format yang kamu pilih.

CV Engineer tersedia untuk diunduh melalui App Store dan Play Store, jadi kamu bisa dengan mudah mengaksesnya.

3. CV Maker Resume Builder PDF

Kamu juga bisa menggunakan CV Maker Resume Builder PDF untuk membuat CV di HP. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan, seperti beragam pilihan template, font, dan gambar yang bisa kamu gunakan.

Selain membuat CV, kamu juga bisa membuat surat lamaran kerja dan dokumen pendukung lainnya dengan aplikasi ini.

4. PathSource Resume

Bagi kamu yang menggunakan iOS, kamu bisa mengandalkan aplikasi pembuat CV di HP yang satu ini. PathSource Resume adalah salah satu pilihan terbaik untuk membuat CV dengan beragam desain yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera desainmu.

5. Resume Star

Kamu pasti akan menyukai aplikasi Resume Star jika ingin membuat CV melalui handphone. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena memungkinkanmu untuk membuat lebih dari satu CV sesuai kebutuhan dan selera desain yang kamu inginkan. Praktis dan mudah digunakan!

Cara Membuat CV di HP dengan Mudah

Kami akan membagikan cara membuat CV di HP agar kamu bisa tetap berkreasi. CV yang menarik tentu akan meningkatkan peluangmu mendapatkan perhatian dari HRD.

1. Buka Aplikasi Online Pembuat CV

Langkah pertama adalah pilih dan dowload aplikasi dari salah satu yang disebutkan tadi. Banyak aplikasi online yang dapat kamu akses langsung melalui HP. Kamu tinggal masuk ke website dan beberapa aplikasi akan menyarankanmu untuk login atau membuat akun baru.

2. Pilih Template yang Tersedia

Setelah kamu masuk ke aplikasi pilihan, langkah selanjutnya untuk membuat CV di HP adalah dengan memilih template yang disediakan.

Dengan menggunakan template, kamu akan lebih mudah karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk mendesain layout secara manual.

Biasanya, template yang tersedia akan membuat CVmu terlihat profesional. Ingat, kesan pertama sangat penting, jadi adanya template ini menjadi keuntungan tersendiri bagimu.

3. Isi Data Pribadi

Langkah selanjutnya adalah mengisi data pribadi sesuai template CV. Pastikan data yang kamu isi benar, karena ini adalah satu-satunya cara bagi perusahaan untuk menghubungimu.

Jika terdapat kesalahan dalam pengisian data, perusahaan mungkin tidak dapat menghubungi kamu untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara.

Biasanya, data pribadi yang perlu diisi mencakup nama depan, nama belakang, alamat tinggal, kota, kode pos, nomor HP, serta alamat email. Pastikan semuanya terisi dengan benar dan teliti ya!

4. Isi Pengalaman Kerja

Langkah selanjutnya dalam cara membuat CV di HP adalah mengisi pengalaman kerja sebelumnya. Di bagian ini, kamu dapat menuliskan informasi penting seperti jabatan, nama tempat bekerja, serta tahun awal hingga tahun berakhirnya kerja.

Jangan lupa untuk mengisi deskripsi kerja, menggambarkan apa saja yang kamu lakukan di posisi tersebut.

Jika kamu merupakan seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman-pengalaman penting selama masa kuliah. Misalnya, menjabat di suatu organisasi atau pengalaman magang.

Usahakan untuk mengisi bagian deskripsi kerja dengan baik, agar HRD tahu dampak atau pengaruh positif apa yang kamu berikan dalam posisi tersebut.

5. Buat Riwayat Pendidikan

Selanjutnya, untuk cara membuat CV di HP, kamu perlu mengisi bagian riwayat pendidikan. Di bagian ini, kamu bisa mengisi riwayat pendidikan yang relevan mulai dari jenjang SMA hingga pendidikan terakhir.

Isi dengan lengkap informasi seperti nama sekolah, jenis gelar yang kamu peroleh, tahun kelulusan, dan kota tempat sekolah berada.

6. Tulis Skill yang dimiliki

Jangan lupa untuk mengisi keterampilan yang relevan dengan dirimu sendiri. Misalnya, kemampuan bekerja sama, coding, dan keterampilan lainnya. Cantumkan kedua keterampilan, baik itu soft skill maupun hard skill, agar dapat menarik perhatian perusahaan.

Kamu juga bisa menambahkan tingkat kemahiran untuk memberi informasi sejauh mana kemampuan yang kamu miliki.

Misalnya, coding bahasa Python tingkat intermediate, dan sejenisnya. Dengan begitu, perusahaan akan tahu dengan lebih jelas tentang kemampuanmu.

7. Buat Deskripsi Diri

Kamu juga bisa menambahkan ringkasan singkat berisi deskripsi diri dalam CV-mu. Bagian ini hanya berupa paragraf pendek, sekitar tiga hingga empat kalimat, dan bisa diisi dengan poin-poin penting dari lamaranmu.

Misalnya, kamu bisa menuliskan skill yang paling dikuasai, pengalaman yang berkesan, dan prestasi yang membanggakan. Sebagai contoh, “Sebagai seorang extrovert, saya senang bertemu orang baru, oleh karena itu saya melamar pada posisi ini karena sesuai dengan kepribadian saya.”

8. Cek dan Unduh

Terakhir, cara membuat CV di HP adalah dengan pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi agar tidak ada kesalahan.

Setelah kamu yakin semuanya benar, maka kamu bisa langsung mengunduh CV tersebut dalam format PDF. Dengan begitu, CV-mu siap untuk kamu gunakan dalam melamar pekerjaan. Semoga berhasil!

Dua Kesalahan dalam Pembuatan CV

Ternyata ada beberapa kesalahan dalam membuat CV yang harus dihindari, nih. Yuk, simak beberapa poin berikut:

1.Typo atau Kesalahan Ketik.

Kesalahan pertama yang perlu dihindari adalah typo atau kesalahan ketik. Kesan pertama sangat penting, jadi usahakan untuk menghindari typo karena hal ini bisa mencerminkan kurangnya ketelitian.

2. Menuliskan Informasi yang Tidak Valid

Hindari menuliskan informasi yang tidak valid atau tidak sesuai dengan dirimu. Pastikan semua yang kamu tulis adalah fakta yang benar, agar tidak menyulitkanmu di masa mendatang.

Untungnya, sekarang ada cara membuat CV di HP lebih mudah dan cepat, terutama dengan menggunakan berbagai template yang tersedia.

Jadi, pastikan kamu menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar CV-mu terlihat profesional dan menarik!

Artikel Terkait

Bagikan: