Cara Daftar ShopeeFood, Panduan Lengkap dan Ketentuannya

Kak Rey

Cara Daftar ShopeeFood, Panduan Lengkap dan Ketentuannya – ShopeeFood adalah platform layanan pesan-antar makanan secara online yang semakin populer dan bersaing dengan GoFood dan GrabFood.

Cara daftar ShopeeFood sangatlah sederhana, sehingga setiap pelaku bisnis dapat dengan mudah memasarkan bisnis F&B secara online. Dengan memasarkan produk Anda secara online, Anda dapat mencapai target konsumen bisnis Anda dengan lebih luas dan lebih mudah. Simak ulasannya!

Keuntungan Menggunakan ShopeeFood untuk Bisnis F&B

Sebagai pemilik bisnis makanan dan minuman, menggunakan layanan online seperti ShopeeFood dapat meningkatkan peluang mendapatkan keuntungan lebih besar.

Selain itu, platform ini juga menawarkan beberapa keuntungan lain untuk para pelaku bisnis makanan dan minuman, di antaranya:

1. Langsung terintegrasi dengan aplikasi Shopee

Kita semua tahu bahwa Shopee adalah salah satu marketplace favorit di Indonesia untuk berbelanja. Saat ini, ada jutaan pengguna aktif Shopee yang juga menggunakan ShopeeFood. Hal ini menjadi keuntungan bagi para merchant ShopeeFood karena mereka dapat menjangkau pasar yang sangat luas.

2. Bentuk promosi yang ekonomis

Jika Anda telah mendaftar sebagai merchant di ShopeeFood, Anda akan lebih mudah memasarkan produk kuliner secara efektif, praktis, dan ekonomis. Selain itu, ShopeeFood juga memberikan bantuan promosi yang dapat meningkatkan pendapatan Anda karena dapat menjangkau pasar yang sangat luas.

3. Didukung banyak promo dari ShopeeFood

Tentu sudah tidak asing kalau ShopeeFood sering sekali memberikan promo untuk para Merchant. Kamu sebagai pengguna ShopeeFood juga bisa memanfaatkan promo voucher yang disediakan untuk membeli makanan dan minuman. Adanya promo ini tentu membantu menambah pendapatanmu sebagai merchant karena memberikan promo-promo yang menarik.

Kamu akan senang mengetahui bahwa sistem pembayaran di ShopeeFood mudah, cepat, dan tentunya dapat kamu cairkan kapan saja sesuai kebutuhanmu karena semuanya berlangsung secara online, memberikan fleksibilitas yang lebih baik.

Menarik sekali, bukan? Sudahkah kamu mendaftarkan bisnis makanan atau minumanmu di ShopeeFood? Jika belum, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar ShopeeFood hingga ketentuan dalam mengunggah foto makanan/minuman di ShopeeFood untuk bisnis F&B-mu.

Syarat-Syarat Mendaftar ShopeeFood untuk Merchant

Sebelum kamu mendaftarkan bisnismu ke ShopeeFood, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dulu. Bagi pemilik bisnis individual maupun bisnis yang telah terdaftar secara hukum, berikut adalah persyaratan yang harus kamu penuhi:

1. Persyaratan daftar ShopeeFood bagi bisnis peorangan/individual

  • KTP atau KITAS
  • NPWPD
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto buku tabungan pribadi

2. Persyaratan daftar ShopeeFood bagi bisnis yang telah terdaftar di badan hukum

  • KTP atau KITAS
  • NPWP
  • SIUP atau TDUP
  • TDP atau NB
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif

Cara Daftar ShopeeFood untuk Merchant F&B

1.  Buka portal pendaftaran merchant ShopeeFood

Setelah kamu menyiapkan seluruh persyaratan di atas, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran di dalam laman ShopeeFood di sini.

2. Daftar akun di ShopeePartner 

Selanjutnya, kamu pilih Log In/Sign Up dengan SMS, kemudian masukkan nomor handphone beserta dengan Kode Verifikasi OTP yang telah dikirimkan saat kamu membuat akun. Setelah itu, kamu dapat membuat password untuk akunmu.

3. Pilih jenis usaha ShopeeFood

Setelah kamu berhasil masuk ke akunmu, langsung pilih pendaftaran yang sesuai dengan jenis usahamu. Selanjutnya, isi formulir yang telah disediakan jika badan usahamu berbentuk PT/CV. Isilah dengan data yang sesuai.

Namun jika usahamu berbentuk perorangan, pilih Mulai Aktivasi, dan pilih jenis bisnis yang ingin kamu daftarkan. Setelah itu, lengkapi data usaha sesuai dengan jenis usaha yang sudah kamu pilih.

Jangan lupa untuk mengisi data pemilik atau pengguna sesuai dengan data pemilik yang benar (bukan kasir atau karyawan). Jika sudah, kamu dapat mengirim (submit) pendaftaranmu.

4. Atur lokasi dan detail bisnis

Setelah kamu mengisi formulir sesuai jenis usahamu dan mengirimkannya ke pihak ShopeeFood, kamu bisa mulai mengisi informasi lokasi atau alamat usahamu.

Sebelumnya, pastikan bahwa lokasimu sudah dijangkau oleh layanan ShopeeFood. Caranya adalah dengan mengklik icon bisnis ShopeeFood. Jika tidak bisa ditekan, berarti lokasi usahamu belum tersedia untuk layanan ShopeeFood.

Jika lokasimu telah dijangkau, kamu bisa menginput lokasi bisnismu dan jam operasional F&Bmu. Pastikan untuk memasukkan data dengan tepat ya!

5. Proses verifikasi

Setelah semua tahap pendaftaran sudah selesai, kamu diminta untuk menunggu proses verifikasi data usahamu yang membutuhkan waktu 1-5 hari kerja. Untuk itu, kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui Aplikasi ShopeePartner atau email yang sudah kamu daftarkan.

Ingat, pendaftaran melalui ShopeePartner tidak dikenakan biaya sepeser pun (gratis). Jadi, berhati-hatilah jika ada yang menghubungimu dan mengatasnamakan ShopeeFood serta meminta sejumlah biaya.

Jika kamu butuh informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran ShopeeFood, hubungi Customer Service di nomor +628001500702 atau Pusat Bantuan Shopee di sini.

Bagaimana? mudah bukan? Kamu bisa mendaftarkan bisnismu ke ShopeeFood dengan cepat

Setelah mengetahui persyaratan dan cara daftar ShopeeFood, masih ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan, seperti ketentuan dalam penulisan menu hingga foto yang ditampilkan. Perhatikan hal-hal berikut agar produk kuliner yang kamu tawarkan semakin menarik di ShopeeFood, ya!

Ketentuan Penulisan Menu di ShopeeFood

Tentunya, ShopeeFood memiliki wewenang untuk memfilter menu makanan dan minuman yang dijual oleh para merchant. Nah, berikut adalah beberapa ketentuan terkait penulisan menu makanan dan minuman yang bisa kamu jual di ShopeeFood.

  1. Pastikan nama menu sesuai dengan aslinya.
  2. Tulis nama menu secara lengkap dan tidak disingkat.
  3. Hindari menjual menu yang termasuk dalam kategori yang dilarang, seperti makanan dari hewan langka atau berbahaya, menu pre order, atau yang mengandung kata-kata tidak sopan.
  4. Tidak boleh menggunakan karakter emoji atau simbol dalam penulisan nama menu.
  5. Gunakan huruf kapital di awal setiap kata dan deskripsi menu.
  6. Usahakan nama menu tidak lebih dari 100 karakter untuk memudahkan pelanggan membacanya.
  7. Jangan mencantumkan nomor handphone, lokasi resto, link media sosial, atau ketersediaan stok menu di dalam menu.
  8. Untuk menu makanan berat dengan satuan gram, sertakan berat rata-rata serta harganya.

Dengan mematuhi ketentuan tersebut, menu makanan atau minumanmu akan terlihat menarik di ShopeeFood!

Ketentuan Dokumen Gambar ShopeeFood

Untuk memastikan foto/gambar yang diunggah di ShopeeFood, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan foto sesuai dengan jenis menu, dengan gambar yang jelas dan tidak terlalu terang.
  2. Foto harus menampilkan seluruh menu secara utuh.
  3. Hindari adanya watermark pada foto.
  4. Pastikan tidak ada manusia atau objek tertentu dalam foto menu.
  5. Hindari penggunaan brand atau logo pihak restoran lainnya dalam foto.
  6. Pastikan foto tidak menampilkan menu yang dilarang atau mengandung kata-kata vulgar atau pornografi.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, foto menu makanan atau minumanmu akan terlihat menarik di ShopeeFood dan membantu menarik perhatian pelanggan.

Artikel Terkait

Bagikan: