Apa itu VPS (Virtual Private Server) ?

Kak Her

apa itu vps
apa itu vps

Apa itu VPS Hosting – VPS, atau Virtual Private Server, adalah bentuk hosting awan multi-penyewa di mana sumber daya server virtual tersedia untuk pengguna akhir melalui Internet melalui penyedia cloud atau hosting.

Setiap server VPS diinstal pada mesin fisik, yang dijalankan oleh penyedia layanan cloud atau penyedia hosting Anda, dan menjalankan beberapa VPS. Tetapi sementara VPS berbagi hypervisor dan perangkat keras yang mendasarinya, setiap VPS menjalankan sistem operasi (OS) dan aplikasinya sendiri dan memegang bagiannya sendiri dari sumber daya perangkat (memori, komputasi, dll.).

VPS menawarkan tingkat kinerja, fleksibilitas, dan kontrol di suatu tempat antara yang ditawarkan oleh hosting multi-penyewa bersama dan hosting khusus penyewa tunggal. Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk menyebut pengaturan VPS multi-penyewa “pribadi” – terutama ketika opsi penyewa tunggal tersedia – istilah “VPS” paling sering digunakan oleh penyedia hosting tradisional untuk membedakannya dari hosting bersama, yaitu model hosting di mana Semua sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak dari perangkat fisik dibagi rata di antara banyak pengguna.

Di ujung lain kontinum, beberapa penyedia cloud (termasuk IBM) menawarkan tingkat isolasi hosting (dan privasi) yang melampaui server cloud multi-penyewa. Dua model umum termasuk host khusus dan instans kustom. Dalam kedua model, pengguna akhir mendapatkan akses ke sumber daya virtual, berpotensi memanfaatkan hypervisor terkelola, tetapi melakukannya pada perangkat keras yang ditujukan untuk penyewa individu.

Bagian berikut memberikan perbandingan yang lebih mendetail antara VPS dan hosting bersama dan khusus.

Saat mempertimbangkan kasus penggunaan server virtual, perbedaan antara kedua penyedia bisa sangat besar. Untuk penyedia hosting tradisional, VPS mewakili keseimbangan besar antara biaya, fleksibilitas, skalabilitas, dan kontrol antara hosting bersama dan khusus dan membuatnya cocok untuk e-niaga, aplikasi dengan lalu lintas sedang atau jarang, server email, CRM, dll.

Namun, di atas semua itu, server virtual dari penyedia cloud publik utama secara signifikan lebih kuat dan kaya fitur – mereka adalah fondasi dari sebagian besar dari apa yang dianggap “cloud” saat ini dan dapat menangani serangkaian beban kerja yang jauh lebih beragam.

Nah Itulah penjelasan mengenai Apa itu VPS secara singkat namun sangat jelas, Semoga membantu…

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar