Cara Beli Saham Online Terpercaya 2021

Kak Her

cara beli saham online terpercaya
cara beli saham online terpercaya

Banyak orang tidak percaya ketika mereka mendengar bahwa ada kemudahan seperti itu, karena ada juga banyak praktik penipuan di Internet. Namun pada kenyataannya, selama pembelian saham secara online dilakukan melalui perusahaan pialang atau perusahaan yang memiliki izin resmi, semuanya dapat dilakukan dengan lancar. Berikut caranya:

1. Pendaftaran dengan broker (pembukaan rekening saham)

Langkah pertama beli saham secara online: Kunjungi website pialang saham terpercaya, isi formulir pendaftaran yang disediakan, lalu tunggu konfirmasi untuk menyelesaikan pembukaan rekening Anda.

Broker mana yang harus dipilih? Ada puluhan bahkan ratusan perusahaan pialang di Indonesia, baik milik negara, swasta, maupun milik asing. Jika Anda menginginkan broker BUMN, Anda bisa memilih BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas atau Danareksa Sekuritas. Perusahaan sektor swasta terkemuka termasuk Panin Securitas dan Henan Putehray. Sedangkan broker asing antara lain Kim Eng Securities dan JP Morgan Securities.

Persyaratan setoran awal minimum bervariasi, jadi periksa aturannya terlebih dahulu dan daftar dengan broker mana pun yang aturannya sesuai dengan situasi keuangan Anda. Persyaratan lain umumnya sama, antara lain wajib memberikan fotokopi eKTP, fotokopi buku tabungan, NPWP, dan identitas ahli waris.

2. Akses ke platform perdagangan saham

Setelah mendaftar dengan broker, Anda biasanya akan mendapatkan email dengan tautan untuk mengunduh dan menginstal perangkat lunak perdagangan, serta ID ganda dan kata sandi untuk mengakses perangkat lunak. Selain itu, beberapa broker juga menyediakan halaman web tertentu sebagai platform trading yang dapat diakses secara bebas melalui browser Anda.

Tidak peduli platform perdagangan apa yang akan Anda gunakan, Anda harus mengingat ID yang diberikan oleh broker dan mengubah kata sandi Anda secara teratur. Ini sangat penting, agar orang tidak menyalahgunakan akun saham Anda.

3. Setoran modal

Memiliki rekening saham saja tidak cukup. Untuk membeli saham secara online, Anda juga harus memiliki modal yang cukup. Setor dana ke akun dana investasi yang dibuat oleh broker. Pastikan jumlahnya cukup untuk membeli saham yang Anda inginkan.

4. Pilih stok

Ini adalah langkah yang paling penting dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perhatikan bahwa tujuan Anda membeli saham adalah untuk menggandakan keuntungan di masa depan. Jadi, pastikan perusahaan emiten saham (emiten) yang Anda pilih memiliki kinerja keuangan yang baik, harganya masih murah, dan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.

Jangan mudah tergiur dengan orang yang mempromosikan saham tertentu. Sebaliknya, lakukan analisis komprehensif terhadap beberapa perusahaan, lalu investasikan uang Anda di beberapa saham berbeda, antara 1-5 saham dari berbagai sektor. Seperti kata pepatah, jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang.

5. Pembelian saham

Anda sudah memiliki akses ke platform perdagangan saham online, jadi praktik membeli saham hari ini semudah mengklik komputer atau gadget. Pilih ukuran stok dan harga beli yang sesuai dengan Anda, lalu masukkan angka ke dalam platform. Tunggu perdagangan dieksekusi ketika orang lain menjual saham dengan ukuran dan harga yang tepat, lalu saham langsung masuk ke akun Anda. Sangat mudah bukan!?

Anda juga dapat melakukan pemesanan pembelian dengan menghubungi broker terlebih dahulu melalui telepon atau langsung di kantornya. Namun, prosesnya akan memakan waktu lebih lama daripada jika Anda membeli saham secara online sendiri.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar