Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil – Besaran asuransi mobil untuk setiap orang tergantung pada banyak hal, antara lain kondisi mobil dan kondisi pemilik mobil. Mengingat harga sebuah mobil yang tidak murah, sangat penting bagi setiap pemilik untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal dengan mendaftar asuransi mobil.

Namun sebelum mendaftar, ada baiknya semua calon pemegang polis memahami terlebih dahulu apa itu premi dan bagaimana cara menghitungnya. Sehingga nantinya Anda memiliki gambaran berapa premi yang harus Anda bayarkan untuk merek dan jenis mobil yang akan diasuransikan.

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Secara sederhana, pengertian premi asuransi mobil adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pemilik/asuransi mobil kepada perusahaan asuransi secara berkala untuk penutupan asuransi selama jangka waktu tertentu.

Apa Itu Premi Asuransi: Tujuan Hingga Cara Menghitungnya

Yang dimaksud reguler disini bisa bulanan, enam bulan sekali (semester) atau tahunan, tergantung kontrak. Jangka waktu pembayaran maksimal dapat dipilih tergantung kondisi dan/atau kebutuhan, bisa antara 1 sampai 5 tahun atau lebih dari 10 tahun.

Setelah tertanggung membayar premi, perusahaan asuransi harus membayar pertanggungan yang dirinci dalam polis asuransi, seperti ganti rugi mobil curian atau biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan.

Semua perusahaan asuransi mempertimbangkan banyak faktor saat menentukan jumlah premi asuransi mobil, dan faktor ini berbeda-beda untuk setiap perusahaan. Namun secara umum, berikut beberapa detail mengenai faktor-faktor yang menentukan besaran premi:

Dalam menerapkan faktor-faktor di atas, tujuan setiap perusahaan asuransi adalah untuk menyeimbangkan jumlah yang ditagih kepada tertanggung dengan seberapa besar kemungkinan klaim asuransi untuk mengklaim pembayaran asuransi.

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil Dan Simulasi Preminya

Misalnya, pria berusia 20 tahun yang memiliki mobil sport baru dan memiliki asuransi mobil akan membayar premi asuransi yang jauh lebih tinggi daripada wanita berusia 40 tahun yang mengendarai sedan Honda Civic.

Ini karena orang muda lebih mungkin mengalami kecelakaan dan mobilnya akan lebih mahal untuk diperbaiki jika dia melakukannya. Sedangkan pengemudi wanita, terutama yang berusia di atas 40 tahun, mengemudi lebih hati-hati, sehingga risiko kecelakaan lebih rendah.

Serupa dengan banyaknya faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan besaran premi, cara menghitung premi asuransi mobil sebenarnya berbeda-beda tergantung dari perusahaan asuransi mana yang dipilih. Tapi secara umum, rumusnya adalah:

Sebenarnya ada banyak jenis asuransi mobil, namun dua jenis yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah All Risk dan TLO (Total Loss Only). Agar lebih jelas saat menggunakan rumus perhitungan di atas, cek dua contoh berikut ini:

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik Di Indonesia

Seorang pria berusia 30-an dengan alamat tempat tinggal di Jakarta membeli mobil baru seharga sekitar 200.000.000 juta rubel.

Untuk menghindari sakit kepala nantinya jika mobil rusak atau mogok dan perlu diperbaiki, maka pria mengasuransikan mobil tersebut dengan memilih asuransi kehilangan mobil saja.

Berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. SE-06/D.05/2013 mengatur premi, yaitu premi untuk asuransi mobil total loss saja, dengan harga mobil mulai dari Rp 125.000.000 sampai Rp 200.000-2.000 di 4 wilayah. 0,53 persen.

Sebagai informasi tambahan, Wilayah II meliputi provinsi Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Wilayah I meliputi Sumatera dan beberapa pulau di sekitarnya. Wilayah III mencakup semua kota, daerah, provinsi, dan wilayah nusantara lainnya yang tidak disebutkan dalam Wilayah I dan II.

Cara Menghitung Premi Asuransi All Risk Mobil Agar Tak Ketipu

Selain itu, perusahaan asuransi yang dipilih pria tersebut ternyata memiliki rate asuransi sebesar 0,53 persen. Jadi, dengan rumus di atas, besaran premi yang harus dibayarkan oleh kandidat politik adalah sebagai berikut:

Jika di kemudian hari orang tersebut mengalami kecelakaan atau nasib buruk, yang mengakibatkan mobilnya rusak parah lebih dari 75 persen, atau mobilnya dicuri atau dirampok, maka perusahaan asuransi akan membayar ganti rugi sebesar nilai mobil. . 200.000.000 Rp.

Biasanya, klaim asuransi mobil total loss hanya berlaku selama 12 bulan. Jika tidak ada klaim dalam 12 bulan tersebut, maka klaim pada tahun-tahun berikutnya akan berkurang.

Hal ini disebabkan harga mobil yang setiap tahunnya pasti akan terus turun, sehingga jumlah iklan juga akan berkurang. Bersamaan dengan itu, biaya asuransi mobil juga akan turun, yakni lebih murah.

Punya Mobil Baru, Jangan Salah Pilih Asuransi Kendaraan

Misalnya, harga mobil yang diasuransikan adalah Toyota Avanza G/T Luxury yang harganya sekitar 193.000.000 rubel. Namun, sesuai aturan OJK, premi asuransi mobil jenis all risk adalah 2,47 – 2,72 persen.

Jika perusahaan asuransi memilih 2.6 sebagai tarif asuransi, maka pemohon polis asuransi harus membayar premi sebesar berikut:

Tergantung masing-masing perusahaan asuransi, namun biasanya selain premi pada formula di atas, penggugat juga perlu membuat dana tambahan sebagai biaya administrasi. Jumlahnya dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain, tetapi biasanya tidak melebihi Rp 50.000.

Semua jenis asuransi mobil memang bagus karena tidak semua kebutuhan, kondisi dan keuangan sama. Namun, sebagai salah satu rekomendasi asuransi mobil terbaik, jenis asuransi mobil all risk bisa menjadi pilihan.

A S U R A N S I.

Meski preminya lebih mahal, perlindungan yang Anda dapatkan juga lebih komprehensif. Pasalnya, asuransi jenis ini menanggung kerusakan mulai dari yang paling ringan seperti tergores sangat kecil, hingga kerusakan yang sangat parah seperti mobil mogok dan unit baru harus diganti.

Sedangkan bagi pemilik mobil yang mungkin sedang mencari pegadaian BPKB mobil terbaik, gadaikendaraan.com bisa menjadi pilihan. Pegadaian ini terdaftar, dijamin aman dan dapat dipercaya. Untuk lengkapnya silahkan cek langsung https://www.gadaikendaraan.com/.

Banyaknya jumlah kendaraan bermotor, termasuk mobil, tidak hanya meningkatkan kemacetan lalu lintas tetapi juga angka kecelakaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengasuransikan mobil kesayangan Anda. Namun, pahami dulu cara menghitung premi agar tidak mudah ditipu oleh perusahaan asuransi palsu/ilegal.

Cara menghitung premi asuransi pendidikan, menghitung premi asuransi kesehatan, menghitung premi asuransi, rumus menghitung premi asuransi, menghitung premi asuransi mobil, cara menghitung premi asuransi syariah, menghitung premi asuransi jiwa, cara menghitung premi asuransi motor, cara menghitung premi asuransi, cara menghitung premi asuransi kebakaran, cara menghitung premi asuransi jiwa, cara menghitung premi asuransi kesehatan