Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Kak Anita

Penyakit Kista Di Rahim Wanita - Kista ovarium adalah kantung berisi cairan di dalam atau di permukaan ovarium wanita. Banyak wanita akan mengembangkan setidaknya satu kista selama hidup mereka. Dalam kebanyakan kasus, kista tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala apapun.

Ovarium adalah bagian dari sistem reproduksi wanita. Itu terletak di perut bagian bawah di kedua sisi rahim. Wanita memiliki dua ovarium yang menghasilkan sel telur dan hormon estrogen dan progesteron. Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terbentuk di salah satu ovarium.

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Banyak wanita terkadang memiliki kista ovarium. Dalam kebanyakan kasus, kista tidak menimbulkan rasa sakit, tidak menimbulkan gejala apapun dan tidak berbahaya. Sebagian besar hilang tanpa perawatan dalam beberapa bulan.

Kista Di Rahim Pecah Saat Bersetubuh, Wanita Ini Nyaris Tewas

Selama siklus menstruasi wanita, sel telur tumbuh dalam kantung yang disebut folikel. Kantung ini terletak di dalam ovarium. Dalam kebanyakan kasus, folikel atau kantung ini pecah dan melepaskan sel telur. Namun, jika folikel tidak pecah, cairan di dalam folikel dapat membentuk kista ovarium.

Kantung folikel biasanya larut setelah sel telur dilepaskan. Tetapi jika kantung tidak larut dan pembukaan folikel menutup, cairan ekstra dapat berkembang di dalam kantung, dan akumulasi cairan ini menyebabkan kista korpus luteum.

Ini adalah jaringan yang biasanya tumbuh di rahim dan bisa tumbuh di luar rahim dan menempel pada ovarium dan menjadi kista.

. Kondisi ini berarti terdapat banyak kista kecil di indung telur. Ini dapat menyebabkan ovarium tumbuh. Jika tidak diobati, ovarium polikistik dapat menyebabkan kemandulan atau gangguan kesuburan, yang dapat membuat sulit untuk hamil.

Bahaya! Ternyata Makanan Ini Penyebab Timbulnya Kista Di Rahim Wanita, Dr. Zaidul Akbar: Over Estrogen

Kista ovarium seringkali tidak menimbulkan gejala. Namun, seiring pertumbuhan kista, gejala mungkin muncul. Gejala-gejala ini mungkin termasuk:

Gejala-gejala ini mungkin mengindikasikan kista yang pecah atau torsi ovarium. Kedua komplikasi tersebut dapat menyebabkan konsekuensi serius jika tidak ditangani tepat waktu.

Sebagian besar kista ovarium bersifat jinak dan hilang secara alami tanpa pengobatan. Kista ini menyebabkan sedikit, jika ada, gejala. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, massa ovarium kistik kanker dapat dideteksi selama pemeriksaan rutin.

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Torsi ovarium adalah komplikasi lain yang jarang dari kista ovarium. Kondisi ini terjadi ketika kista berukuran besar menyebabkan ovarium berputar atau berpindah dari posisi semula. Pasokan darah ke ovarium terputus dan, jika tidak ditangani, dapat menyebabkan kerusakan atau kematian jaringan ovarium. Meski jarang, torsi ovarium menyumbang sekitar 3 persen dari operasi ginekologi darurat.

Mengenal Beragam Penyebab Kista Berdasarkan Tipenya

Meski jarang, kista yang pecah dapat menyebabkan nyeri hebat dan pendarahan internal. Komplikasi ini meningkatkan risiko infeksi dan dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani.

Kista ovarium dapat didiagnosis oleh dokter selama pemeriksaan panggul rutin. Salah satu ovarium mungkin terlihat bengkak. Tes ultrasound dapat dilakukan untuk memastikan adanya kista.

Pemindaian ultrasonografi (ultrasonografi) adalah tes pencitraan yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar organ dalam Anda. Pemeriksaan ultrasonografi membantu menentukan ukuran, lokasi, bentuk dan komposisi (padat atau berisi cairan) kista.

Kebanyakan kista hilang setelah beberapa minggu atau bulan. Dokter tidak dapat langsung merekomendasikan rencana perawatan. Sebagai gantinya, pasien mungkin melakukan USG ulang setelah beberapa minggu atau bulan untuk memeriksa kondisinya.

Tanda Kista Ovarium, Nyeri Panggul Dan Perut Membesar

Jika tidak ada perubahan atau kista tumbuh, dokter Anda akan melakukan tes tambahan untuk menyingkirkan penyebab lain dari gejala Anda. Artinya, itu termasuk:

Dokter Anda mungkin merekomendasikan pengobatan untuk mengecilkan atau menghilangkan kista jika tidak hilang dengan sendirinya atau jika tumbuh.

Untuk kista ovarium berulang, dokter Anda mungkin meresepkan kontrasepsi oral untuk menghentikan ovulasi dan mencegah pembentukan kista baru. Kontrasepsi oral juga dapat mengurangi risiko kanker ovarium. Wanita pascamenopause memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ovarium.

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Untuk kista kecil dan studi pencitraan untuk menyingkirkan kanker, perawatan dokter adalah dengan laparoskop untuk mengangkat kista melalui pembedahan. Dokter akan membuat sayatan kecil di dekat pusar dan kemudian memasukkan alat kecil ke dalam perut untuk mengangkat kista.

Kenali Gejala Kista Ovarium Sejak Dini Dan Cara Penanganannya

Untuk kista yang berukuran besar, dokter mungkin akan mengangkat kista melalui pembedahan melalui sayatan besar di perut pasien. Kemudian segera lakukan biopsi. Jika kista bersifat kanker, dokter mungkin melakukan histerektomi untuk mengangkat ovarium dan rahim.

Kista ovarium tidak dapat dicegah. Namun, pemeriksaan ginekologi secara rutin dapat mendeteksi kista ovarium sejak dini. Kista ovarium jinak tidak berubah menjadi kanker. Namun, gejala kanker ovarium dapat menyerupai gejala kista ovarium.

Karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan membuat diagnosis yang benar. Beri tahu dokter Anda tentang gejala yang mungkin mengindikasikan adanya masalah, seperti:

Kista ovarium akan baik-baik saja pada wanita premenopause. Kebanyakan kista hilang dalam beberapa bulan. Namun, kista ovarium berulang dapat terjadi pada wanita premenopause dan wanita dengan ketidakseimbangan hormon.

Beda Miom Dan Kista, Sama Sama Menyangkut Rahim Tapi Lain Penyebab Dan Gejala

Jika tidak diobati, beberapa kista dapat mengurangi kesuburan. Ini biasa terjadi pada endometrioma dan sindrom ovarium polikistik. Dokter dapat mengangkat atau mengecilkan kista untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa dokter akan mengangkat kista jika diameternya lebih besar dari 5 sentimeter.

Like kami di Facebook Follow kami di Twitter Follow kami di Instagram Subscribe kami di Youtube 0821 2207 5537 0821 2276 3900 Kehamilan Fibroid dan kista yang berbeda dan hubungannya dengan kesuburan, apakah sulit untuk hamil? Prof. dr. dr. Andon Hestiantoro, SpOG-KFer and son | Rabu, 19 Oktober 2022 07:00 WIB

Prof. dr. dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG-KFer Spesialis Obstetri dan Ginekologi Paruh Waktu Endokrinologi dan Menopause (Gangguan Hormon dan Berhenti Menstruasi) di RS Hermina Jatinegara. Praktek di RS Hermina Jatinegara pada hari Senin (16.00 - 18.00 WIB) dan Kamis (16.00 - 18.00 WIB).

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Fibroid dan kista adalah dua kondisi medis yang dapat mengganggu kesuburan. Keduanya dapat terjadi pada sistem reproduksi wanita.

Memahami Berbagai Macam Kista Dan Penyebabnya

Kedua penyakit tersebut dapat menyerang wanita usia subur dan dapat mempengaruhi kesuburan. Oleh karena itu, banyak orang yang masih beranggapan bahwa fibroid dan kista adalah penyakit yang sama.

Fibroid adalah tumor keras yang berasal dari otot polos rahim atau rahim. Benjolan ini berubah sifatnya menjadi benjolan kecil, kemudian menjadi lebih besar.

Kista adalah kantung berisi cairan yang mungkin kental, berair, berminyak, atau berdarah. Komposisi cairan ini tergantung pada penyakitnya. Tidak seperti fibroid, kista berasal dari ovarium atau saluran tuba.

Selain di ovarium, kista juga bisa muncul di tempat lain, seperti rahim dan saluran tuba. Benjolan kista dapat bervariasi dari kecil hingga besar seiring berjalannya waktu.

Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Timbulkan Kista Di Rahim Wanita, Dr. Zaidul Akbar: Over Estrogen

Kista dapat ditemukan dengan lebih dari satu benjolan, disebut multilocus atau unilocus. Jumlah normal ovarium adalah dua. Kista dapat terjadi pada salah satu atau kedua ovarium.

Kista jinak dapat terjadi akibat perubahan hormonal dalam tubuh. Kista jinak biasanya berisi cairan bening yang terus membesar.

Kista endometrium adalah jenis kista jinak. Kista ini mengandung darah tua (coklat) yang mirip dengan darah menstruasi. Penderita kista endometriosis akan mengalami nyeri hebat saat menstruasi. Benjolan kista dapat meningkat karena pengumpulan darah dan dapat menyebabkan penurunan jumlah sel telur.

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Kista fungsional adalah folikel yang terus tumbuh. Diasumsikan bahwa folikel pecah untuk terjadinya ovulasi. Tetapi ovulasi tidak terjadi.

Tanda Anda Mengidap Kista Ovarium

Folikel dapat tumbuh dan berkembang dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon Kista ini jinak dan berhubungan dengan fungsi ovarium. Sangat sering ketika obat kesuburan digunakan, ada hal-hal yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Kista dermoid ditemukan di ovarium. Kista ini merupakan sumber telur atau sel pembawa (germ).

Kista dermoid biasanya jinak, tetapi ada juga yang bersifat kanker. Kista ini biasanya mengandung unsur rambut, gigi, tiroid, dan kelenjar sebaceous. Kista biasanya hadir saat lahir dan meningkat selama usia reproduksi.

Penyebab pasti fibroid dan kista masih belum diketahui. Tapi fibroid bisa berhubungan dengan hormon reproduksi wanita, estrogen dan progesteron.

Kista Ovarium Adalah?

Pada fibroid, sel punca atau sel punca menjadi sel punca fibroid. Setelah bertransformasi, sel-sel tersebut akan sangat sensitif terhadap rangsangan hormon reproduksi, sehingga dapat tumbuh dalam satu rumpun atau lebih, kemudian tumbuh.

Fibroid dapat tumbuh di dalam rahim saat memasuki usia subur, setelah pubertas, atau sebelum menopause. Fibroid hampir tidak pernah ditemukan pada anak-anak. Pada orang tua, fibroid biasanya ditemukan lebih kecil.

Faktor risiko fibroid lainnya adalah perubahan genetik dan vitamin D memengaruhi sel punca. Faktor risiko ini juga terkait dengan hormon reproduksi.

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Tidak seperti fibroid, penyebab pasti kista tidak diketahui. Namun, faktor risiko kista ovarium juga dapat dikaitkan dengan faktor hormonal.

Penyakit Reproduksi Yang Terjadi Pada Manusia

Fibroid dan kista dapat mengganggu kesuburan wanita atau peluangnya untuk memiliki anak. Fibroid yang tumbuh di rahim dapat menyumbat saluran tuba atau mencegah embrio menempel pada rahim (implantasi). Fibroid yang muncul saat hamil dapat menyebabkan keguguran dan gangguan perkembangan janin.

Berbeda dengan fibroid, kista dapat mengganggu kualitas dan kuantitas sel telur yang perlu dibuahi. Jika kista berkembang di saluran tuba, mereka dapat menyumbat saluran ini dan mengganggu kesuburan.

Kista dan fibroid dapat terjadi secara bersamaan. Kondisi ini sangat umum terjadi pada ibu yang ingin hamil. Kista yang paling umum adalah kista endometriosis (kista coklat), yang tergolong jinak. Sedangkan fibroid berada di dalam rahim. Oleh karena itu, terkadang sulit bagi dokter untuk menemukan penyebab sulit hamil, karena fibroid dan kista dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Dokter akan menggunakan alat untuk melihat keadaan organ reproduksi. Selama pemeriksaan ini, dokter akan meraba dengan jari apakah benjolan tersebut menekan anus, kandung kemih, dan apakah bentuknya keras atau kenyal.

Obat Kista Mioma

Sampai saat ini, belum ada obat yang bisa digunakan untuk mengobati fibroid. Pernah ditemukan obat, tapi ternyata bisa mengganggu fungsi hati, sehingga ditarik kembali oleh produsennya.

Bagi penderita fibroid, terapi hormon dapat dilakukan untuk mengurangi gejala. Misalnya, perdarahan menstruasi yang berlebihan dapat diminimalkan untuk mengobati anemia.

Kista dapat diobati tergantung pada jenis dan faktor risikonya. Misalnya, kista yang disebabkan oleh konsumsi obat kesuburan atau hormon dapat diobati dengan obat.

Penyakit Kista Di Rahim Wanita

Fibroid dan kista bisa diobati dengan operasi, namun bisa kembali lagi, Bunda. Tak hanya itu, operasi juga bisa memengaruhi kesuburan.

Operasi Kista Ovarium, Apakah Harus Angkat Rahim?

Dalam operasi fibroid, jahitan akan diterapkan pada area di mana benjolan itu diangkat. Akibatnya, jahitan bisa terjadi

Artikel Terkait

Bagikan: