pixabay

Beberapa Penyebab Gagalnya Pengajuan Klaim Asuransi

Beberapa penyebab gagalnya pengajuan klaim asuransi- Setiap orang pasti mempunyai tingkat kekawatiran yang berbeda-beda. Bagi mereka yang mempunyai kekawatiran cukup besar, biasanya akan melakukan pembelian produk Asuransi.

Baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, ataupun produk-produk asuransi yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian finansial di kemudian hari. Sayangnya, masih ada juga beberapa masyarakat kita yang melakukan pembelian produk Asuransi hanya dengan modal ikut-ikutan saja.

Padahal sebenarnya, pembelian produk Asuransi haruslah didasari dengan tujuan yang benar, dan mempelajari beberapa hal penting tentang aturan asuransi. Karena pengetahuan tersebut nantinya akan memberikan hal hal bermanfaat di kemudian hari.

Salah satunya adalah pengajuan klaim asuransi yang anda lakukan diterima oleh pihak perusahaan. Apalagi mengingat ternyata masih cukup Banyak masyarakat kita yang tidak mengetahui apa saja penyebab dari gagalnya pengajuan klaim asuransi yang dilakukan oleh pihak nasabah.

Sedang Trending :  Asuransi All Risk: Pengertian dan Beberapa Hal Penting Tentangnya

Oleh karena itu sangat penting rasanya untuk mengetahui penyebab-penyebab tersebut, agar pengajuan Anda nantinya diterima oleh pihak perusahaan. Bagi yang penasaran Berikut ini merupakan beberapa penyebab gagalnya nasabah mengajukan klaim asuransi.

Penyebab gagalnya nasabah mengajukan klaim asuransi

Secara umum terdapat banyak sekali alasan-alasan ataupun penyebab mengapa pihak nasabah gagal mengajukan klaim asuransi. Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas beberapa penyebab saja. Sebelum membahas apa saja penyebabnya, anda perlu menyadari bahwasannya sulitnya melakukan klaim asuransi bukanlah tanpa alasan.

Karena hal ini telah tercantum di dalam kesepakatan antara pihak perusahaan dengan pihak nasabah dan ada hukum yang terikat antara keduanya.

Sehingga pihak perusahaan tentu tidak bisa sembarangan melakukan penolakan klaim terhadap pengajuan yang dilakukan oleh pihak nasabah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa klaim asuransi Anda ditolak oleh pihak perusahaan

Sedang Trending :  7 Asuransi Kesehatan Cash Plan Preminya Murah, Klaim Mudah, Double Claim

Pertama polisi sedang tidak aktif

Pengajuan klaim asuransi hanya diterima oleh pihak perusahaan ketika polisnya sedang aktif. Ketika anda mengajukan klaim sementara politik sedang tidak aktif ataupun lapse pihak perusahaan tidak akan bertanggung jawab terhadap seluruh kerugian yang anda terima.

Oleh karena itu, bayarlah seluruh premi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, atau paling nggaknya sampai pada akhir masa tenggang.

Kedua klausul tidak tercakup dalam klausul tanggungan asuransi

Secara sederhana, penyebab ditolaknya klaim asuransi yang satu ini dikarenakan terdapat beberapa syarat yang kurang tepat. Misalnya, klaim asuransi mobil total loss only, yang telah memberikan persyaratan bahwa kerusakan mobil hanya akan dibantu oleh pihak perusahaan ketika kerusakan/kehilangannya paling tidak 70%, 75%, atau 80%.

Sedang Trending :  Produk Yang Ditawarkan Asuransi Bca Life

Sehingga, ketika mobil yang anda miliki mempunyai kerusakan yang tidak mencapai pada ambang batas presentasi yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan, maka sudah pasti klaim tersebut gagal. Maka dari itu, pastikan bahwa klaim yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

Ketiga pengajuan kain yang sudah lewat dari waktu yang telah ditentukan. Biasanya, pihak perusahaan asuransi telah menetapkan berapa lama waktu untuk pengajuan klaim dari kejadian. Itu artinya Anda meski mengajukan klaim sebelum waktu yang ditetapkan habis.

Contohnya, klaim asuransi motor meski diurus sesegera mungkin dikarenakan batas waktu yang diberikan adalah 3 * 24 jam.

Selain beberapa penyebab di atas, masih banyak penyebab-penyebab lainnya. Seperti dokumen yang tidak lengkap, masih berada di masa waiting period,* majuan termasuk pengecualian, pemegang polis melanggar hukum, dan lain sebagainya. Demikian sekilas mengenai penyebab penolakan klaim, semoga bermanfaat