Alasan Memilih Asuransi Syariah

Alasan Memilih Asuransi Syariah- Untuk saat ini ada banyak sekali permasalahan kesehatan yang terjadi di sekitar kita.

Dan pada umumnya masyarakat kerap menjadikan asuransi sebagai salah satu produk yang bisa mengatasi permasalahan kesehatan tersebut.

Dimana produk ini memang bisa menjadi salah satu usaha untuk melindungi diri supaya memperkecil Resiko yang nantinya bisa saja terjadi.

Kalau di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis asuransi yang bisa kita temukan. Yang pertama adalah asuransi konvensional dan yang kedua adalah asuransi syariah.

Memang, lebih banyak perusahaan-perusahaan asuransi konvensional, namun perusahaan asuransi syariah tetap bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Terutama untuk Anda  yang ingin melakukan berbagai macam transaksi sesuai dengan syariat Islam.

Asuransi syariah sendiri merupakan usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara para nasabah.

Dimana penerapannya sesuai dengan syariat Islam. Sebagian besar orang mungkin beranggapan Bukankah dengan membeli produk Asuransi itu artinya kita mendahului takdir Tuhan?

Sedang Trending :  Tips Membeli Asuransi Motor Yang Harus Diperhatikan

Mungkin tidak, asal diniatkan untuk mempersiapkan menghadapi resiko yang mungkin terjadi nantinya.

Lantas sebenarnya Mengapa sih lebih memilih untuk menggunakan asuransi syariah?

Nah berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa Anda  harus menggunakan asuransi syariah saja dibandingkan dengan yang konvensional.

Perbedaan paling umum antara asuransi syariah dengan Asuransi konvensional ialah dari segi akad, Atau perjanjiannya.

Dalam asuransi syariah, ada 4 buah jenis akad. Yang pertama adalah akad tabarru ataupun tolong-menolong, kedua akad tijarah atau mudharabah, ketiga akad wakalah Bil ujrah, yang terakhir akad mudharabah musytarakah.

Yang pada intinya akad-akad tersebut akan kembali kepada syariat Islam atau sesuai dengan tuntunan Alquran.

Adapun produk-produk asuransi syariah meliputi asuransi jiwa Syariah, asuransi pendidikan

Syariah, asuransi kesehatan Syariah, asuransi dengan investasi Syariah, asuransi kerugian Syariah, asuransi syariah berkelompok, dan yang terakhir adalah asuransi haji dan umroh.

Alasan memilih asuransi syariah

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memilih asuransi syariah.

Tidak memberlakukan sistem dana hangus

Alasan yang pertama ialah tidak adanya sistem dana hangus di asuransi syariah. Hal ini dikarenakan dana kontribusi ataupun premi yang disetorkan kepada pihak perusahaan ialah sebagai tabaru walaupun tidak terjadi klaim selama masa perlindungan.

Itu artinya, premi premi yang telah Anda  bayarkan ke pihak perusahaan atau pihak pemegang polis akan diakumulasikan, dan merupakan kepemilikan nasabah secara kolektif.

Dari poin pertama ini saja kita bisa melihat perbedaan yang paling besar antara asuransi syariah dengan Asuransi konvensional.

Pengelolaan dana yang Islami

Sesuai dengan namanya, asuransi syariah tentu akan mengelola dana sesuai dengan prinsip-prinsip fiqih dalam Islam yaitu dengan menghindari gharar ataupun ketidakpastian, maisir atau judi, serta menghindari riba ataupun bunga.

Sedang Trending :  Perusahaan Asuransi Mobil All Risk Yang Bisa Dipertimbangkan

Selain itu, dana investasi para nasabah tidak bisa diinvestasikan ke saham dari emiten yang mempunyai kegiatan usaha perdagangan ataupun jasa yang dilarang oleh syariat Islam.

Pengelolaan dana transparansi

Adapun alasan memilih asuransi syariah yang berikutnya ialah adanya transparansi pengelolaan dana. Baik itu kontribusi penggunaan ataupun pembagian hasil investasi nantinya.

Dan sebagai seorang muslim, tentu akan jauh lebih aman jika memilih asuransi syariah. Hal ini karena aturan-aturan yang dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Dan untuk penjelasan-penjelasan lainnya mengenai asuransi syariah bisa kunjungi artikel-artikel kami yang lainnya.

Karena sebenarnya masih banyak sekali pembahasan pembahasan terkait dengan alasan mengapa harus memilih asuransi syariah, apa saja perbedaannya dengan Asuransi konvensional, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan semoga membantu.