Bisnis Modal Kecil: Jasa Pembuatan Situs dan Konsultan

Kak Anita

PIXABAY

Bisnis Modal Kecil: Jasa Pembuatan Situs dan Konsultan- Belakangan, bisnis modal kecil merupakan sebuah informasi yang sangat banyak dicari oleh masyarakat kita. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwasanya kini, telah banyak kok bisnis-bisnis modal kecil yang memang memungkinkan untuk dijalankan.

Hanya saja, bisnis modal kecil ini pada umumnya menuntut seseorang untuk mempunyai skill atau kemampuan tertentu agar bisa menjalankannya.

Karena skill tersebutlah yang bakalan dimanfaatkan sebagai ‘bisnis’ yang menguntungkan. Dan untuk saat ini, memang banyak banget kok skill-skill yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Untuk itu, bersyukurlah Anda yang telah menemukan skillnya pada bidang apa. Contohnya apa saja? Oke, simak beberapa rekomendasinya berikut ya. 

Bisnis modal kecil

Setelah mendengar kata ‘skill’, nggak ada yang perlu dikhawatirkan kok. Karena semua orang pasti punya skill. Cuman, ada yang sudah menemukan skillnya dan terus diasah, dan ada yang masih belum menemukannya.

Bagi yang belum menemukan skillnya, jangan menyerah ya. Coba terus sampai benar-benar bisa mendapatkannya. Kalau sudah ketemu, silahkan diasah terus menerus. Misal, dengan cara mengikuti kursus ataupun pelatihan. 

Jasa pembuatan situs

Bisnis modal kecil yang pertama adalah dengan menawarkan jasa pembuatan situs. Bisnis ini nggak bisa ditawarkan oleh sembarang orang loh. Karena hanya mereka yang punya skill coding, atau sejenisnya yang bisa membuat situs ataupun website.

Bisnis ini memang tergolong sangat menguntungkan, walau hanya dengan modal kecil. Karena banyak sekali pihak-pihak yang membutuhkan jasa-jasa tersebut. Di mana, pihak-pihak tersebut membutuhkan jasa pembuatan website atau situs untuk membangun situs mereka supaya bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, situs atau website dimanfaatkan untuk promosi ya. Bahkan, situs atau website telah menjadi salah satu media promosi yang banyak digunakan oleh orang-orang. Menggunakan jasa seorang pembuat website tentu akan memberikan keuntungan kepada para pemesan atau pengguna jasa.

Sebab, mereka nggak perlu belajar bagaimana cara membuat website terlebih dahulu, nggak usah lagi bingung bagaimana membuat konsep, dan ini merupakan cara yang super praktis. Jadi, kalau Anda memang punya skill ini, yuk dimanfaatkan.

Penghasilan yang didapatkan nantinya tergolong besar. Makin keren website yang bisa Anda buat, maka bayarannya juga pasti akan semakin mahal. Yang penting, cari tahu dulu jenis-jenis websitenya, agar bisa menentukan harga yang pas. 

Konsultan

Adapun bisnis modal kecil yang berikutnya adalah dengan menjadi seorang konsultan. Bisnis ini mengharuskan Anda untuk mempunyai sebuah keahlian yang memang layak dan bisa dibagikan ke banyak orang. Bisnis ini bisa dijalankan secara online loh.

Yang mana, Anda dapat membuka jasa konsultan online. Wah, keren kan? Misal, Anda merupakan seorang copywriter. Maka, jadilah konsultasi seputar copywriter. Baik itu terkait dengan cara membuatnya, cara mencari lowongan kerja, atau yang lainnya.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan nggak mahal loh. Karena yang dibutuhkan ya cuma jaringan internet dengan ponsel ataupun laptop saja.

Dan mungkin, perlengkapan tersebut telah Anda miliki. Agar mendapatkan klien, promosikan keahlian Anda ke media sosial, jangan lupa juga untuk mencantumkan portofolio klien Anda.

Jika ingin menjalankan bisnis modal kecil ini, tapi belum punya keahlian tertentu gimana? Tenang. Anda bisa mengikuti kelas keahlian tertentu. Misal, kelas penulisan novel, kelas desain, atau yang lainnya. Jika sudah, tinggal buka jasa konsultan deh. 

Demikian beberapa rekomendasi dari kami. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar