Prinsip Asuransi Syariah Yang Mesti Dipahami

Prinsip Asuransi Syariah Yang Mesti Dipahami- Asuransi syariah merupakan salah satu jenis perusahaan asuransi yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk siapapun yang ingin membeli asuransi. Khususnya oleh anda  yang muslim. Di indonesia sendiri, kita bukan hanya bisa menemukan asuransi syariah ya.

Karena ada juga asuransi konvensional. Bahkan jika diperhatikan, jumlah perusahaan asuransi konvensional lebih banyak loh dibandingkan dengan yang syariah. Nggak jadi masalah sih.

Nah, setiap jenis asuransi menerapkan prinsip yang berbeda-beda. Prinsip asuransi sendiri merupakan hal-hal yang mendasari perjanjian kontrak asuransi, yakni antara pihak perusahaan atau penanggung dengan tertanggung yaitu yang memegang polis alias nasabah.

Adapun tujuan dari prinsip ini adalah untuk  mengalihkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi, yakni dengan membayar premi. Sehingga ada yang namanya sifat ‘simbiosis mutualisme’.

Atau memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak. Tidak ada yang merasa dirugikan. Berikut ini adalah beberapa prinsip dalam asuransi syariah. Jika ingin mengetahui tentang prinsip asuransi konvensional juga, maka anda  bisa membacanya di artikel yang lain ya.

Prinsip asuransi syariah

Dilandasi dengan prinsip amanah

Prinsip asuransi yang pertama adalah amanah. Dalam islam, setiap orang diharuskan untuk selalu amanah dalam berperilaku. Jika dalam lingkup yang kecil saja amanah menjadi kewajiban, apalagi dalam lingkup yang besar seperti asuransi. Ia kan?

Perilaku amanah ini bukan hanya berlaku untuk nasabah saja, tapi juga berlaku untuk para pengelola dana asuransinya. Dalam hal ini, pihak nasabah meski selalu jujur saat akan mengajukan klaim.

Sementara dari pihak perusahaan meski menyadari, bahwa mereka tidak boleh semena-mena dalam mencari keuntungan besar, termasuk di dalamnya ketika akan mengambil keputusan.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mencari perusahaan asuransi syariah yang kredibel dan amanah ya. Caranya adalah dengan memeriksa rekam jejak perusahaan tersebut. Hal ini agar anda  tidak akan mengalami kerugian nantinya.

Ridha

Kedua belah pihak haruslah ridha telah menjadi salah satu prinsip asuransi syariah juga loh. Yang artinya, para nasabah meski rela jika nantinya dana mereka dikelola oleh pihak perusahaan, sesuai konsep yang ada dalam syariat islam.

Sementara perusahaan asuransinya juga meski ridha terhadap amanah yang didapatkannya dari para nasabah, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Uang yang disetorkan pihak nasabah akan digunakan untuk dana sosial, termasuk untuk membantu nasabah lain yang sedang mengalami kerugian.

Tauhid

Dan [prinsip yang paling penting adalah tauhid. Dengan prinsip ini, segala prinsip dan juga ketentuan lainnya akan disesuaikan dengan ketentuan hukum allah. Sehingga benar-benar menghasilkan konsep yang utuh.

Dalam asuransi syariah, prinsip yang paling ditekankan adalah prinsip saling tolong menolong. Sehingga dana yang ada di perusahaan akan digunakan untuk membantu nasabah nasabah yang sedang mengalami masalah.

Selain beberapa prinsip di atas, masih ada beberapa prinsip dalam asuransi syariah yang lainnya. Yang jelas, karena dibuat sesuai dengan syariat islam, insyaallah ini akan sangat aman dijadikan sebagai pilihan untuk anda  yang akan membeli asuransi.

Dan yang terpenting, usahakan untuk meniatkan kegiatan ini sebagai ibadah. Karena nantinya, dana anda  bisa saja digunakan pihak perusahaan saat ada pemilik polis yang tertimpa musibah.

Demikian beberapa prinsip asuransi syariah yang mesti anda  perhatikan. Usahakan untuk mempelajarinya dengan baik, dan meniatkan segalanya untuk allah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar