Tips Membeli Asuransi Motor Yang Harus Diperhatikan

Tips Membeli Asuransi Motor Yang Harus Diperhatikan- Sebelum membeli asuransi motor, setiap orang haruslah mempunyai pengetahuan yang cukup. Dalam hal asuransi motor pastinya. Minimal pengetahuan dasar lah. Karena bagaimanapun, pengetahuan ini akan memberikan dampak yang positif dan memberikan keuntungan bagi anda  .

Salah satunya adalah tidak sampai terkenal tipuan. Karena bagaimanapun, di tengah banyaknya masyarakat kita yang ingin membeli asuransi telah membuat banyak perusahaan asuransi bermunculan.

Dan nggak sedikit yang memberikan iming-iming luar biasa. Jika sekiranya anda   sampai tergoda dengan iming-iming tadi, maka bisa memberikan dampak kerugian loh nantinya.

Oleh karena itu, sebelum membeli asuransi, kami sarankan untuk mengetahui tips membeli asuransi terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Jenis asuransi motor

Sebelum ngebahas tentang apa saja sih tips membeli asuransi, maka kita bakalan bahas dulu apa saja jenis asuransi motor. Secara umum, hanya ada dua jenis ya. Yakni yang tlo atau total loss only, dan yang kedua adalah all risk.

Keduanya mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Nah, setiap orang pasti akan memilih jenis yang berbeda-beda ya. Karena memang nggak ada tuntutan buat memilih jenis yang sama.

Kalau untuk yang all risk itu bakalan memberikan ganti rugi terhadap semua kerusakan. Mulai dari kerusakan yang paling kecil, sampai dengan kerusakan yang paling besar.

Termasuk juga kasus pencurian. Beda halnya dengan yang tlo. Di mana, total loss only ini hanya akan memberikan ganti rugi kepada anda   jika kendaraan tersebut sudah rusak para, atau bahkan nyaris nggak bisa digunakan. Yang jelas, kerusakannya harus sudah di atas 75 persen.

Sedang Trending :  Asuransi Jiwa Terbaik Di Tahun 2022

Tips membeli asuransi motor

Setelah mengetahui jenis asuransi motornya, sekarang kita bakalan ngebahas tips yang bisa dilakukan. Namun, perhatikan dahulu, bahwa untuk membeli asuransi ada beberapa persyaratan yang meski anda   perhatikan dan penuhi.

Seperti surat identitas mengemudi, kemudian kartu tanda   penduduk, surat tanda   nomor kendaraan, dan yang terakhir adalah buku pemilik kendaraan bermotor dan surat keterangan.

Dokumen dokumen tersebut harus sudah mulai disiapkan kalau anda   ingin membeli asuransi ya. Nah berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dicoba.

Belilah sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan

Adapun tips yang pertama ialah dengan membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda   dan juga keuangan. Hal ini harus dipertimbangkan di awal ya. Dan yang terpenting, pahami jenis asuransi yang telah kami paparkan di atas.

Kalau misalnya sudah mengetahui jenis asuransi yang ada, maka anda   bisa memilih kira-kira bakalan memilih yang jenis apa. Apakah akan memilih yang total loss only, atau justru yang all risk.

Sedang Trending :  Ide Bisnis untuk Siswa di Bulan Puasa yang Wajib Dicoba

Jika sudah, berikutnya anda   bisa mencari tahu kira-kira berapa sih premi yang ditawarkan oleh pihak perusahaan. Premi ini biasanya ditetapkan untuk pertahun ya.

Bukan hanya itu, biasanya nih, premi akan dipengaruhi oleh beberapa hal. Mulai dari kategori wilayah anda  , kemudian manfaat tambahan, jenis asuransi, dan lain sebagainya.

Hitunglah premi dan klaim yang diterima

Jika sudah melakukan tips pertama, anda   juga bisa menghitung premi dan klaim yang akan diterima.

Melakukan pengecekan kredibilitas perusahaan

Tips yang nggak kalah pentingnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kredibilitas perusahaan. Ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Adapun cara yang paling mudah buat mengetahuinya adalah dengan mencarinya di berbagai macam media. Ia kan?