Mengetahui Jenis Asuransi Motor Sebelum Membeli Asuransi

Mengetahui Jenis Asuransi Motor Sebelum Membeli Asuransi- Membeli asuransi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kendaraan Anda     dari berbagai macam kerusakan. Dan inilah yang kerap dilakukan oleh banyak orang.

Dan menariknya, banyaknya orang-orang yang tertarik untuk membeli asuransi tampaknya telah membuat perusahaan asuransi motor kian banyak, dan akan terus bertambah. Hingga kadang-kadang, hal tersebut membuat sebagian orang asal-asalan dalam memilih.

Karena beranggapan bahwa semua perusahaan asuransi pasti bagus dan baik. Padahal pada dasarnya ya nggak gitu. Nggak semua perusahaan asuransi itu baik loh. Karena nyatanya, ada beberapa yang mempersulit nasabah yang akan membuat klaim.

Bukankah ini menyedihkan? Karena harapan berasuransi bukannya terwujud, tapi malah membuat repot dan rugi. Itulah mengapa Anda     memang harus benar-benar memperhatikan dahulu perusahaan yang akan dituju.

Bahkan, nggak sedikit orang-orang menganjurkan untuk mencari tahu kebenaran dan tingkat kredibilitas sebuah perusahaan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kerugian. Nah menariknya, Anda     sudah bisa menelusuri berbagai macam perusahaan asuransi motor dengan sangat mudah.

Sedang Trending :  Beberapa Produk Yang Ditawarkan Oleh Asuransi Bumiputera

Jenis asuransi motor

Hanya dengan bermodalkan paket internet saja. Dalam artian, Anda     bisa mencari banyak sekali informasi mengenai sebuah perusahaan, untuk menyimpulkan apakah perusahaan tersebut kredibel atau tidak.

Nah yang perlu digaris bawahi adalah, Anda     juga perlu bertanya kepada para kerabat, teman, atau saudara yang mempunyai pengalaman berasuransi motor. Ini jauh lebih aman ya.

Tahukah Anda    , bahwa ada dua jenis asuransi yang ditawarkan oleh asuransi motor. Yakni yang tlo atau total loss only dan ada juga yang all risk. Keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, dan harus dijadikan sebagai pertimbangan.

Selain itu, Anda     juga harus membaca premi sebelum memutuskan untuk melanjutkan proses pembelian asuransi ya. Karena di premi tersebut dijelaskan berbagai macam syarat dan ketentuan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

Sedang Trending :  Tips Membeli Asuransi Motor, Penting Diperhatikan

Yang jelas, membaca premi secara utuh dan seksama merupakan salah satu cara untuk menghindari yang namanya kerugian. Di mana, jika ternyata ada beberapa poin yang kurang cocok, Anda     bisa membatalkannya. Menarik kan?

Sebelum memilih asuransi yang akan digunakan, Anda     meski mengetahui dahulu jenisnya karena ternyata, memang nggak semua perusahaan menawarkan jenis perlindungan yang sama loh.

1. Asuransi total loss only (TLO)

Adapun jenis yang pertama adalah tlo. Yakni, total loss only. Dalam artian, pihak perusahaan hanya akan memberikan ganti rugi atau perlindungan dengan biaya pertanggungan ketika kendaraan hilang, adanya kerusakan, dengan nilai perbaikan lebih dari 75 persen dari harga motor Anda .

Alias, hanya saat motor Anda     benar-benar sudah rusak parah, dan memang sudah nggak bisa lagi digunakan. Kalau kerusakannya di bawah 75 persen, maka belum bisa mendapatkan biaya ganti rugi ya.

Sedang Trending :  Tips Membeli Asuransi Motor Yang Harus Diperhatikan

2. Asuransi all risk

Adapun yang kedua adalah jenis all risk. Beda halnya dengan yang pertama. Kalau jenis total loss only ini hanya akan memberikan tanggungan ketika kerusakannya sudah sangat parah, dan tidak bisa memberikan ganti rugi pada kerusakan-kerusakan kecil, maka all risk justru sebaliknya.

Yang mana, sifatnya jauh lebih fleksibel. Karena akan memberikan penggantian dan juga perlindungan biaya atas seluruh risiko kerusakan yang terjadi. Baik itu yang kerusakannya kecil sampai dengan yang besar.

Bahkan, kalau hanya lecet kecil saja juga bisa mendapatkan biaya ganti rugi loh. Asuransi all risk juga bakalan menanggung yang namanya risiko kehilangan dikarenakan terjadinya pencurian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.