Apa Saja Sih Fungsi Asuransi? Simak Penjelasannya Berikut!

Apa Saja Sih Fungsi Asuransi? Simak Penjelasannya Berikut!- Untuk saat ini, istilah asuransi telah menjadi salah satu istilah yang sangat umum dan cukup populer di berbagai kalangan. Baik itu mereka yang dari kalangan ekonomi menengah ke atas atau ke bawah. Hal ini mungkin dikarenakan oleh berbagai macam faktor ya.

Misal, mulai banyaknya masyarakat yang berasuransi, seringnya perusahaan melakukan promosi di media, banyaknya baliho akan asuransi. Ia kan? Sehingga mau tidak mau, masyarakat akhirnya mengenal istilah ini. Bahkan mungkin beberapa kali mulai menggunakannya dan mencari tahu.

Nah sebenarnya, apa sih fungsi asuransi itu sendiri? Sebagai seseorang yang belum mempunyai asuransi, Anda tentu dihantui dengan pertanyaan tersebut kan? Nah, biar nggak penasaran, bisa simak beberapa fungsi asuransi berikut ini.

Fungsi asuransi

Mengetahui fungsi asuransi adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk melakukan asuransi. Ia kan? Karena dengan memahami dan mengetahui fungsinya, pasti akan membuat Anda merasa lebih aman, kemudian merasa memang butuh, atau yang lainnya.

Berikut adalah beberapa fungsi asuransi yang telah kami rangkum dari beberapa situs besar yang kerap kali membahas mengenai asuransi. Sehingga, dijamin kredibel deh. Adapun yang dimaksud dengan fungsi asuransi sendiri adalah manfaat yang nantinya bakalan didapatkan oleh si pemilik polis atas pembelian asuransi yang dilakukannya dari pihak perusahaan asuransi.

Adapun fungsinya secara umum adalah sesuai dengan pengertian asuransi itu sendiri. Yakni, perjanjian antara 2 belah pihak. Yakni, antara pihak perusahaan dengan pihak pemilik polis. Agar bisa memperoleh jaminan berupa ganti rugi, dengan cara melakukan pembayaran premi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Sedang Trending :  Laporan Keuangan Asuransi Bumi Putera

Dan untuk preminya sendiri beragam ya. Tergantung dengan jenis asuransi yang Anda pilih, dan perusahaan yang Anda percayakan.

Pengalihan risiko

Fungsi asuransi yang pertama adalah sebagai pengalihan risiko. Kita menyadari, bahwasanya yang namanya risiko dalam hidup nggak akan pernah dapat kira prediksi. Ia kan? Mau itu risiko yang skalanya besar atau kecil. Mudah atau gampang.

Nah, karena itulah asuransi hadir. Yakni sebagai pihak pengalihan risiko. Kalau untuk asuransi yang kesehatan ataupun asuransi jiwa, memang sama sekali nggak dapat kita alihkan rasa sakitnya, dan nggak bisa dihindarkan jika terjadi yang namanya kematian.

Karena hal tersebut di luar kehendak manusia. Sementara itu, masih ada kok risiko yang bisa dikendalikan, yakni risiko yang bersifat merugikan secara finansial. Sehingga dapat menyebabkan kematian. Misalnya, ada seorang kepala keluarga yang meninggal.

Sedang Trending :  Aca Asuransi Mobil Terbaik Indonesia 2021

Sehingga, para keluarganya yang ditinggalkan akan berisiko mengalami yang namanya penurunan pendapatan. Maka, dengan adanya asuransi ini, keluarga memperoleh UP jia yang dapat digunakan dan dikelola untuk mencukupi kebutuhan sepeninggalan kepala keluarga.

Menjadi penjamin keseimbangan premi dan juga perlindungan

Adapun fungsi asuransi yang kedua adalah sebagai penjamin keseimbangan premi dan juga perlindungan. Di mana, Anda nggak harus membayar mahal kok untuk jaminan ataupun perlindungan atas sebuah risiko yang menimpa.

Hal ini karena pihak perusahaan akan melakukan yang namanya kalkulasi seluruh risiko yang mungkin saja terjadi, dengan premi yang meski Anda bayarkan nantinya. Sehingga, risiko yang dialami belum tentu memperoleh pengganti yang sama ya.

Karena meski disesuaikan dengan premi yang Anda bayar, dan profil risiko tertanggung yang beragam.

Demikian beberapa fungsi asuransi yang meski dipahami. Semoga bermanfaat, dan semoga membantu.