Panduan Lengkap Bisnis Online: Syarat Menjadi Star Seller Shopee

Kini, shopee telah menjadi salah satu marketplace yang sangat besar, dan banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Bahkan menariknya, pengguna shopee terus meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk kuartal ii di tahun 2020 saja, penggunanya benar-benar membludak. Tentu, ini merupakan sebuah info yang menarik bagi para pebisnis di shopee, atau bagi para calon pebisnis di shopee. Ia kan?

Tingginya persaingan di aplikasi ini membuat setiap pebisnis harus bisa menjadi star seller. Kenapa? Hal ini agar lebih mudah mendapatkan pembeli atau konsumen.

Hanya saja, perlu digaris bawahi bahwasanya ada berbagai macam syarat dan ketentuan yang meski dipenuhi dan diperhatikan jika ingin menjadi star seller shopee.

Tenang saja, karena semua pebisnis atau toko yang ada di shopee mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi star seller ini. Star seller sendiri merupakan sebuah istilah untuk para toko yang sudah terpercaya.

Kalau sederhananya sih, tokonya sudah terverifikasi, jadi dijamin aman kalau mau belanja di sana. Wajar dong kalau kemudian banyak pembeli yang lebih merasa aman ketika mereka berbelanja di toko yang sudah mendapatkan label star seller ini.

Nah kira-kira, gimana sih caranya? Gimana cara menjadi star seller ini? Simak penjelasannya berikut.

Cara menjadi star seller

Berjualan di marketplace termasuk ke dalam bisnis online ya. Hal ini karena sistem kerja bisnisnya yang online.

Di mana, ada banyak sekali keuntungan berbisnis online. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin menjadi star seller. Berikut beberapa di antaranya.

Telah melakukan verifikasi identitas

Ya, cara pertama ialah dengan melakukan verifikasi identitas. Atau, pastikan bahwa toko Anda sudah melakukan verifikasi identitas. Karena bagaimanapun, verifikasi identitas ini sangat penting dan krusial bagi sebuah toko di shopee.

Tujuannya adalah membuktikan bahwa kepemilikan tokonya jelas. Dan untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan verifikasi sendiri, Anda hanya perlu menyiapkan ktp saja kok. Saat toko telah terverifikasi, tentu bisa membuat para calon pelanggan merasa aman melakukan transaksi.

Persentase chat di atas 80 persen

Adapun cara yang berikutnya ialah mempunyai persentase chat di atas 80 persen. Maksudnya apa?

Gini, ketika Anda sedang berperilaku atau berperan sebagai pembeli, Anda pasti menemukan persentase chat setiap toko. Ada yang tinggi, ada yang rendah. Ia kan? Nah, untuk menjadi sebuah toko star seller, Anda wajib mempunyai persentase chat di atas 80 persen.

Itu artinya, usahakan untuk selalu membalas chat yang masuk. Kalau bisa, balaslah chat yang masuk secara cepat. Karena semakin tinggi persentase chatnya, tentu akan semakin baik, dan memberikan dampak luar biasa bagi bisnis Anda.

Pihak shopee tentu sudah mempertimbangkan banyak hal ketika menentukan indikator ini. Selain harus memperhatikan presentasi chatnya, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara Anda membalas chat.

Balaslah sebaik dan seramah mungkin. Karena hal tersebut juga penting ya. Karena pada dasarnya, semua pembeli atau pelanggan pasti ingin diperlakukan dengan baik.

Rating minimal 4.5

Adapun syarat berikutnya adalah dengan mempunyai rating paling tidak 4.5. Ini adalah indikator baik tidaknya toko yang Anda miliki. Ia kan? Semakin tinggi ratingnya, maka akan semakin baik.

Rating yang tinggi akan membuat kepercayaan pembeli semakin tinggi. Adapun cara untuk mendapatkan rating tinggi tentu dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pembeli atau pelanggan.

Rating tinggi juga bukan hanya sekedar dipenuhi agar bisa menjadi star seller ya. Tapi juga bisa menjadi sesuatu yang baik untuk kemajuan dan perkembangan bisnis Anda ke depannya.

Mempunyai angka penjualan minimal 100 pesanan setiap bulannya

Berikutnya ialah mempunyai angka penjualan minimal 100 pesanan setiap bulan. Jika beberapa syarat di atas sudah terpenuhi, tampaknya bukan perkara yang sulit untuk mendapatkan pesanan 100 buah setiap bulannya. Ia kan?

Jika memang masih merasa kesulitan, mungkin Anda bisa melakukan promosi lebih keras. Dan nggak ada salahnya juga meminta bantuan kepada para saudara atau teman untuk ikut mempromosikannya.

Tinggalkan komentar