Tips Ampuh Berjualan Di Marketplace Shopee Dan Tokopedia

Tips Ampuh Berjualan Di Marketplace Shopee Dan Tokopedia- Untuk saat ini berjualan di marketplace merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untuk Anda yang ingin berjualan di tengah pandemi.

Karena tidak bisa kita pungkiri bahwasanya di tengah pandemi seperti ini berbisnis online mulai banyak dilirik oleh para masyarakat Indonesia. Khususnya berjualan di shopee ataupun Tokopedia.

Banyaknya para pebisnis yang menawarkan produk ataupun jasa mereka di shopee ataupun Tokopedia tentu membuat persaingan Anda cukup ketat. Lantas Bagaimana caranya agar bisa bersaing dengan tokoh-tokoh yang lainnya dan dapat mengeruk banyak keuntungan?

Perlu dipahami bahwasanya berbisnis ataupun berjualan online telah digandrungi oleh banyak sekali masyarakat Indonesia, khususnya beberapa tahun terakhir ini. Yakni semenjak munculnya banyak marketplace dan juga media sosial.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari berjualan online tentu bukanlah perkara yang mudah.

Khususnya bagi Anda yang baru saja merintis bisnis tersebut. Di mana ada banyak sekali persiapan dan juga perencanaan yang matang mengenai produk apa ataupun jasa Apa yang akan Anda tawarkan.

Sedang Trending :  Ide Bisnis Menarik untuk Pelajar dengan Modal Kecil

Untuk Anda yang penasaran Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membantu Anda memulai bisnis Online.

Menentukan produk yang akan dijual

Sebelum memulai bisnis tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu kira-kira produk apa yang nantinya akan dijual.

Dalam pemilihan produk yang akan dijual sendiri ini bisa Anda pilih apakah akan menawarkan produk yang Anda buat sendiri ataupun produk dari buatan orang lain.

Ketika akan menjual produk buatan sendiri tentu Anda bisa menentukan sendiri secara bebas seperti apa produk yang nantinya akan dijual, dan jangan lupa juga untuk belajar mengelola marketing.

Adapun hal yang mesti diperhatikan ialah kualitas dari produk yang telah Anda buat dan akan dijual, serta melakukan branding terhadap produk tersebut.

Sedang Trending :  4 Peluang Bisnis Untuk Para Pelajar

Sementara jika memilih berjualan online berupa produk dari orang lain, Anda tidak dituntut untuk repot-repot memikirkan kembali produk apa yang akan dijual, dan tidak usah repot-repot juga untuk melakukan branding produk tersebut.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari supplier yang menawarkan produk-produk berkualitas.

Menentukan target market

Langkah yang kedua ialah dengan menentukan target market ataupun target pasar. Dikarenakan sistem bisnis yang akan Anda jalankan adalah sistem online, tentu akan memberikan banyak sekali manfaat terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Hal ini dikarenakan produk ataupun jasa tersebut bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas.

Meskipun bisa menjangkau pasar yang lebih luas, Anda tetap dituntut untuk memperhatikan target market yang memang sesuai dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

Dan untuk menentukan target market sendiri bisa Anda lakukan ketika membuat bisnis plan ataupun perencanaan bisnis di awal.

Sedang Trending :  Tips Supaya Jualan Makanan Bisa Laris Di Internet Dan Sosmed

Menentukan harga yang wajar

Jika sudah melakukan 2 langkah tersebut maka hal berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menentukan harga yang wajar.

Berdasarkan kompas.com disebutkan bahwasanya strategi bisnis yang paling mudah dalam menentukan harga Yakni dengan melihat para kompetitor.

Dan untuk menarik perhatian para konsumen Anda bisa menggunakan strategi, seperti dengan memberikan potongan harga, diskon, cashback, ataupun yang lainnya.

Namun dalam memberikan hal-hal tersebut usahakan untuk tetap mempertimbangkan keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan.

Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir ataupun takut untuk memberikan ataupun menetapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan para kompetitor.

Dengan catatan Anda memang menawarkan produk yang jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan produk yang ditawarkan oleh para kompetitor.

Jika sudah melakukan 3 langkah di atas maka waktunya Anda untuk membuka toko online di shopee ataupun Tokopedia, mulai promosi, mencari relasi, dan melakukan evaluasi.