Tips Memilih Supplier Yang Tepat Di Tahun 2022

Tips Memilih Supplier Yang Tepat Di Tahun 2022- Dalam sebuah proses bisnis, ada beberapa pihak yang terlibat di dalamnya. Salah satunya adalah pihak supplier.

Di mana, supplier di sini mempunyai peran yang terbilang cukup penting terhadap bisnis yang Anda jalankan nantinya.

Karena berkaitan dengan barang yang akan dijual, yang nantinya akan didistribusikan kepada pelanggan. Sehingga, Anda meski benar-benar memperhatikan kualitas supplier yang akan dipilih.

Nah, berikut adalah beberapa tips dalam memilih supplier yang tepat di tahun 20211.

Tips memilih supplier yang tepat

Hal terpenting yang mesti diperhatikan sebelum mengikuti beberapa tips berikut ialah dengan memastikan bahwasanya Anda akan berhubungan dan menggunakan supplier tangan pertama yang kredibel.

Dan yang perlu dipahami juga adalah, mencari supplier tangan pertama bukanlah perkara mudah, sehingga dibutuhkan tips tersendiri. Seperti:

Menawarkan bahan baku yang berkualitas dan trusted

Yang pertama adalah pastikan bahwasanya supplier tersebut mempunyai rekam jejak atau track record yang bagus.

Dalam artian, memang menawarkan produk berkualitas dan sudah terpercaya. Pihak supplier tadi juga meski sudah berpengalaman dalam urusan memasok bahan-bahan ataupun produk.

Apapun produknya. Baik itu makanan, pakaian, sepatu, atau yang lainnya. Dengan penawaran harga yang mampu bersaing dengan anggaran yang ada dan pasaran.

Pastikan harga yang ditawarkan sesuai budget

Tips yang kedua adalah dengan mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Apakah harganya sesuai dengan budget, atau tidak.

Dalam hal ini, Anda juga harus memperhatikan metode pembayaran apa saja yang ditawarkan oleh pihak supplier.

Supplier dapat memasok barang sesuai kebutuhan dan waktu yang ditentukan

Tips yang nggak kalah pentingnya adalah dengan memastikan bahwasanya supplier tersebut mampu memasok barang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Karena jika sampai salah pilih supplier, tentu akan memberikan kerugian terhadap bisnis Anda.

Selain itu, akan banyak pelanggan yang merasa kecewa nantinya. Untuk mengetahui apakah sebuah suplier bisa menyediakan stok sesuai kebutuhan dan dengan waktu yang ditentukan, maka Anda dapat melakukan observasi testimoni terlebih dahulu.

Karena biasanya, para pelanggan sebelumnya pasti akan memberikan testimoni mengenai layanan yang diberikan oleh si suplier tadi. Jika dirasa cocok, Anda bisa mempertimbangkannya.

Memberikan pelayanan baik

Adapun yang berikutnya adalah dengan melihat bagaimana mereka memberikan pelayanan. Apakah mereka memberikan pelayanan yang baik?

Bagaimana tanggapan mereka ketika menemukan masalah ataupun kendala? Karena kita semua tahu, bahwasanya sekali, dua kali, atau beberapa kali pasti akan ada trouble, masalah, atau kendala kan?

Misal, adanya kendala dari keterlambatan dalam penyaluran produk. Lantas, seperti apa tanggapan supplier?

Bagaimana cara mereka mengatasinya? Ini harus diperhatikan. Sebagaimana sudah disebutkan di atas, karena ini akan berpengaruh terhadap bisnis Anda.

Karena bagaimanapun, pihak supplier seharusnya mempunyai kemampuan melakukan quality control yang sangat baik, kemudian bisa juga memberikan jaminan bahan baku hingga sampai ke tangan reseller atau konsumen mereka.

Jadi, jangan lupa pastikan bahwa supplier yang akan dipilih adalah suplier dengan layanan terbaik, ramah, dan responsif.

Hal ini agar memudahkan koordinasi jika suatu hari nanti terjadi kendala atas masalah dalam beberapa hal.

Selain beberapa tips di atas, masih ada beberapa tips lainnya yang juga penting untuk dipertimbangkan.

Seperti pilih supplier yang menyediakan sampel, ada jaminan pengembalian produk, suplier memastikan pengiriman barang tepat waktu, dan lain sebagainya. Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar