Cara Mudah Memulai Bisnis Souvenir

Cara Mudah Memulai Bisnis Souvenir- Salah satu bisnis yang banyak dijalankan oleh masyarakat kita saat ini adalah bisnis online. Mungkin, dikarenakan banyak kemudahan yang ditawarkan. Ia kan?

Apalagi sebenarnya, bisnis online juga telah menjadi sebuah trend yang penting untuk diikuti.

Kalau tidak, maka kita akan tertinggal dengan perkembangan trend bisnis yang ada. Meskipun akan menjalankan bisnis online, namun anda tetap harus mempertimbangkan produk apa yang nantinya akan dijual.

salah satu barang yang cukup menjanjikan untuk dipilih adalah souvenir.yak, karena souvenir sendiri sangat dibutuhkan banyak orang.

Terlebih lagi ketika ada momen-momen berharga. Mulai dari pernikahan, wisuda, atau yang lainnya.

Bahkan kayaknya, sudah menjadi kebiasaan di setiap daerah sih, bahwa setiap adanya momen berharga, ya harus ada souvenirnya.

Selain biar berkesan, ya biar diingat saja sampai kapanpun, alias ada kenangannnya deh. Wajar dong kalau kemudian bisnis souvenir ini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Sedang Trending :  8 Bisnis Sampingan yang Bermodalkan Kecil

Nah, gimana cara memulainya? Kalau penasaran dan tertarik untuk bisnis yang ini, bisa simak beberapa cara memulainya berikut.

Cara memulai bisnis souvenir

Memilih jenis produk yang akan dijual

Tentu, cara berjualan souvenir pertama yang meski anda lakukan adalah dengan memilih jenis produk yang nantinya akan ditawarkan ya.

Untuk saat ini, tersedia banyak banget pilihan souvenir, mulai dari souvenir pernikahan, pesta lain, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Kayak gelas, tas, dompet, perlengkapan makan, sabun, gantungan kunci, atau yang lainnya. Sebagai pemula, maka bakalan lebih baik kalau anda fokus terhadap satu jenis souvenir terlebih dahulu.

Hal ini supaya lebih mudah untuk mencari supliernya. Jika sudah mengalami perkembangan, barulah anda bisa mulai memikirkan kiranya produk apalagi yang akan ditawarkan.

Sedang Trending :  Bisnis untuk Pelajar dengan Keuntungan Besar

Kalau bisa sih, usahakan souvenirnya itu punya nilai. Misal, dengan memberikan layanan custom.

Karena dengan adanya layanan custom bakalan membuat souvenir dan acaranya jadi lebih berkesan loh.

Membuat bisnis plan

Cara memulai bisnis souvenir yang kedua adalah dengan membuat bisnis plan, atau perencanaan bisnis.

Dalam hal ini, anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Di mana, perencanaan bisnis ini isinya adalah analisis kompetitor, analisis pasar, informasi mengenai brand, dan produk yang ingin anda jual.

Selain itu, ada juga rencana anggaran yang akan disiapkan, strategi pemasaran, dan lain sebagainya.

dengan membuat bisnis plan, maka anda akan mempunyai arahan yang jelas ketika mengembangkan bisnis tersebut.

Karena pada dasarnya, mengembangkan bisnis tanpa mempunyai perencanaan dan acuan bisa membuat bisnis yang anda jalankan kurang maksimal. Jadi, buatlah bisnis plan yang benar-benar matang.

Sedang Trending :  Bisnis Online Tanpa Modal untuk Anak Muda

Mempersiapkan modal

Untuk yang berikutnya adalah dengan mempersiapkan modal. Pada umumnya, bisnis online bisa dilakukan dengan modal yang cukup kecil ya.

Termasuk ketika memutuskan buat menjual souvenir. Biasanya, hanya dengan modal ratusan ribu saja anda sudah bisa memulai bisnis ini kok.

Apalagi kalau nantinya produk tersebut anda jual dengan menerapkan sistem pre order. Aman kan?

Karena usai melakukan pemesanan, para pelanggan akan membayar dp terlebih dahulu. Yang mana, uang yang telah dibayarkan tersebut dapat anda jadikan sebagai tambahan modal produksi. Menarik sekali bukan?

Adapun cara lainnya adalah dengan mencari supplier, menentukan target market, membuat price list, memasarkan produk, dan jangan lupa juga memberikan promo ya. Nggak usah gede-gede lah. Yang penting ada promonya.