Dua Bisnis untuk Mahasiswa dan Cara Memulainya

Kak Anita

pixabay

Dua Bisnis untuk Mahasiswa dan Cara Memulainya- Saat menjadi mahasiswa, ada banyak tantangan-tantangan yang dihadapi. Salah satu tantangannya bagaimana memanajemen uang.

Pada umumnya, uang yang dikirimkan orangtua masih kurang untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi banyaknya tugas-tugas yang membutuhkan uang. Khususnya ketika mendekati Hari Sidang, wisuda, dan juga yudisium.

Di usia yang tidak lagi remaja, perasaan tidak enak untuk meminta uang tambahan lagi ke orang tua sudah mulai terasa.

Sehingga lebih baik jika mencari uang tambahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berbisnis.

Berikut merupakan dua bisnis untuk mahasiswa, dan cara memulainya.

Menawarkan jasa penulisan artikel

Bisnis yang pertama adalah dengan menawarkan jasa penulisan artikel. Untuk menjadi seorang penulis atau menawarkan jasa penulisan artikel, yang pertama kali Anda butuhkan adalah portofolio.

Portofolio berisi contoh tulisan Anda yang pernah dipublish. Atau bisa juga dengan contoh beberapa tulisan yang pernah Anda buat.

Penghasilan seorang penulis artikel tentang tergolong sangat besar. Dalam satu hari, Anda bisa mendapatkan penghasilan sampai dengan Rp100.000. Atau bahkan lebih.

Ditengah banyaknya kesibukan kuliah dan mengerjakan tugas, Anda meski menyisihkan sedikit waktu untuk menulis artikel-artikel yang sudah Anda ambil.

Caranya memulainya cukup sederhana. Hal pertama adalah dengan membuat portofolio, Kemudian Anda bisa bergabung ke grup freelance ataupun grup blogger yang ada di Facebook.

Usahakan untuk bergabung dengan banyak grup. Karena semakin banyak grupnya maka akan semakin besar peluang mendapatkan klien.

Kalau sudah disetujui bergabung ke beberapa grup, Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel.

Ke masalah dengan menggunakan kalimat yang menarik. Selain itu, berikan juga tulisan yang informatif mengenai jasa tersebut.

Mulai dari tarif yang Anda tawarkan, benefit yang akan didapatkan oleh para klien, nomor yang dapat dihubungi, layanan layanan yang tersedia, metode pembayaran, dan lain sebagainya.

Jika sudah, Anda tinggal menunggu orderan masuk saja. Jika tidak ingin menawarkan jasa di grup Facebook, Anda dapat mencarinya di situs situs freelance.

Menawarkan jasa pembuatan undangan digital

Untuk saat ini, kita bisa melihat bahwasanya masyarakat Indonesia mulai melakukan banyak hal secara digital.

Termasuk untuk urusan undang-undang. Sebagai mahasiswa mungkin Anda pernah mendapatkan undangan yang bentuknya digital.

Menarik sekali bukan bentuknya? Ya, pada umumnya undangan digital memang sangat menarik.

Hal ini karena banyak sekali pilihan desain yang bisa dipilih. Dan yang paling menariknya lagi adalah sistem bisnis nya juga sangat santai.

Di sini bukan hanya bisa dilakukan oleh Anda yang mempunyai kemampuan desain saja. Tapi juga sangat memungkinkan untuk dilakukan oleh Anda yang sama sekali tidak mempunyai kemampuan desain.

Bagaimana caranya? Selama berselancar di media sosial ataupun di situs-situs tertentu, Anda pasti pernah melihat adanya tawaran tawaran desain undangan digital.

Caranya adalah Anda dapat membeli desain ataupun template desain undangan digital. Carilah situs ataupun media sosial yang memang sudah terpercaya.

Pilihlah desain-desain yang menarik, berikutnya tawarkan jasa desain template undangan Anda.

Anda dapat menawarkan ke teman-teman Anda, ke media sosial, ataupun ke marketplace dan platform.

Tawarkan dengan kalimat yang menarik. Ketika sudah ada orderan masuk, Anda perlu mengganti data-data yang dibutuhkan saja. Seperti nama, alamat, tanggal, dan lain sebagainya.

Bisnis ini mempunyai prospek yang sangat bagus ke depannya. Karena, nanyak masyarakat kita yang mulai menggunakan undangan digital. Keuntungan menggunakannya juga banyak.

Seperti lebih hemat, biaya penyebaran sangat minim, bisa menjangkau orang yang jaraknya jauh sekali, dan yang paling penting adalah sama sekali tidak menyumbang sampah.

 

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar