Modal dan Contoh Bisnis Kecil-kecilan yang Meski Dipahami

Berapa Sih Modal Untuk Memulai Bisnis Kecil-Kecilan? Simak Penjelasannya Berikut.

Ketika akan memulai bisnis, ada baiknya jika anda memulainya dengan berbisnis kecil-kecilan terlebih dahulu.

Karena ini adalah cara yang paling aman. Di mana, anda tidak akan mengalami kerugian ketika gagal, dan anda juga bisa belajar banyak hal.

Salah satunya adalah belajar untuk mengatasi berbagai masalah yang datang tanpa perkiraan. Untuk saat ini, sudah banyak banget kok peluang bisnis kecil-kecilan yang mungkin cocok untuk anda.

Nah kira-kira, apa saja contohnya? Dan berapa modal yang dibutuhkan? Buat yang penasaran, simak penjelasannya berikut.

Modal bisnis kecil-kecilan

Kalau ngomongin modal sih, tergantung sama jenis bisnis yang akan anda jalanin ya. Namun pada umumnya, bisnis kecil-kecilan ini bisa dijalankan dengan modal yang memang kecil kok.

Sedang Trending :  7 Peluang Usaha Modal Kecil Di Tengah Pandemi Corona saat ini

Bahkan, ada yang cuma modal 100 ribu aja udah bisa mulai bisnis. Kalaupun memang ada yang butuh modal agak gede, mungkin hanya beberapa.

Itu karena ada alat yang mesti dipersiapkan. Kayak bisnis laundry, fotocopy-an, sampai dengan cuci motor.

Itu juga nggak sampai 10 jutaan. Jadi, anda bisa memilih bisnis yang sesuai dengan modal anda nantinya.

Kalau misal mau bisnis yang modalnya bener-bener kecil banget, ya bisa mencoba bisnis pulsa dengan souvenir ya.

Contoh bisnis kecil-kecilan

Nah, berikut ini merupakan beberapa bisnis kecil-kecilan yang mungkin cocok untuk anda.

Bisnis laundry

Kesibukan masyarakat indonesia itu beragam. Ada yang tingkat kesibukannya luar biasa, dan ada yang biasa-biasa saja.

Namun yang pasti, jumlah atau persentase yang memiliki kesabaran luar biasa tergolong cukup tinggi.

Dan di sinilah banyak bisnis bisa berperan. Salah satunya adalah bisnis laundry. Dengan adanya bisnis ini, masing-masing akan mendapatkan keuntungan.

Sedang Trending :  Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dijalankan Selama Pandemi

Bisa kita sebut dengan simbiosis mutualisme deh. Dimana, penyedia jasa akan mendapatkan keuntungan berupa materi, sementara yang menggunakan jasa akan merasa diuntungkan, karena telah dibantu mencucikan pakaian.

Namun sebelum memulai bisnis laundry, akan lebih baik jika anda belajar lebih banyak  mengenai bagaimana sih caranya menjalankan bisnis laundry agar bisa mendapatkan banyak pelanggan. Karena sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang berpengaruh di sana.

Jual sarapan

Sama halnya dengan poin pertama. Di mana, kesibukan tetap menjadi faktor utama mengapa ada banyak jenis bisnis kecil-kecilan yang cukup recomended untuk dijalankan.

Bisnis jual sarapan ini juga termasuk ke dalam bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil loh.

Bahkan, anda bisa menjalankannya hanya dari rumah saja. Dalam artian, memanfaatkan teras rumah untuk berjualan.

Kemudian menyediakan meja dan kursi, serta membeli etalase. Keuntungan dari berjualan sarapan juga cukup lumayan.

Sedang Trending :  Ide Bisnis Online Terbaik di Tengah Pandemi

Apalagi kalau anda bisa meracik bumbu dengan baik.  Selain menawarkan sarapan, anda bisa juga menambahkan dagangan dengan jenis makanan yang lain sebagai pelengkap.

Baik itu cemilan, dessert, atau yang lainnya. Semakin banyak jenisnya, pasti makin bagus. Karena keuntungan yang diperoleh juga bertambah.

Kalau untuk menu sarapannya sendiri bisa disesuaikan dengan pola sarapannya masyarakat sekitar ya.

Karena bagaimanapun, setiap daerah pasti punya makanan sarapan yang berbeda-beda. Ada yang terbiasa sarapan dengan bubur ayam, soto, sate, atau yang lainnya.

Nah, demikian dua ide bisnis kecil-kecilan yang pas banget dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin berbisnis.

Anda bisa memilih bisnis apapun.  Yang penting, jalankan bisnisnya dengan serius, dan jangan mudah menyerah ya.

Karena kedua hal tersebut adalah kunci penting menjalankan bisnis. Demikian. Semoga bermanfaat.