2 Bisnis Online Tanpa Modal 2022

Bisnis online tanpa modal– Pada umumnya, nyaris semua bisnis harus dijalankan dengan modal. Paling tidak, modal usaha kan?

Nah sayangnya, modal kadang menjadi alasan atau penyebab seseorang berhenti bermimpi untuk menjadi seorang pebisnis. Dan biasanya, modal yang menjadi penghambat adalah modal materi.

Padahal sebenarnya, modal materi bukanlah satu-satunya faktor yang menjamin kita bisa menjadi seorang pebisnis.

Karena pada dasarnya, masih ada banyak sekali modal yang bisa dimanfaatkan jika ingin berbisnis.

Salah satunya adalah skill. Yang mana, dengan memiliki skill tertentu, Anda bisa menjalankan bisnis. Namanya adalah bisnis online tanpa modal.

Ya, skill yang Anda punya bisa ditawarkan secara online. Untuk yang penasaran apa saja contoh skill yang bisa dijadikan bisnisnya, simak penjelasannya berikut.

Bisnis online tanpa modal

Tahukah Anda, bahwa dengan bantuan teknologi, ada banyak bisnis online tanpa modal yang bisa dijalankan. Dalam artian, tetap mengandalkan skill yang Anda miliki.

Sedang Trending :  Beberapa Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pemula

Jasa terjemah

Yak, skill pertama yang sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai ladang bisnis adalah skill bahasa asing. Nah, apakah Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik?

Apakah itu bahasa Inggris, Arab, Perancis, atau yang lainnya. Karena ternyata, jasa terjemah ini sangat dibutuhkan saat ini. Ada banyak dokumen yang perlu diterjemahkan.

Memang sih, saat ini ada banyak banget situs penerjemah. Tapi tetap saja, menerjemahkan dengan orang yang kompeten beda banget dengan menerjemahkan model Google.

Sehingga, bisa kita katakan, bahwa peran penerjemah memang sangat dibutuhkan saat ini. Jadi, apa salahnya buat menjadikannya sebagai bisnis online. Ia kan?

Cuman, sebelum memulai bisnis ini, kami sarankan Anda untuk memenuhi sertifikasi yang memang dibutuhkan. Karena ini akan sangat berkaitan dengan reputasi Anda.

Sedang Trending :  8 Bisnis Sampingan yang Bermodalkan Kecil

Selain itu, jangan lupa juga untuk bergabung ke komunitas Himpunan Penerjemah Indonesia. Hal ini agar relasi Anda semakin luas. Kalau sudah, barulah mulai mencari klien.

Anda bisa kok mendapatkan klien dengan mudah. Misal, dengan mencarinya di komunitas, atau di platform freelance.

Menjadi penulis

Ada yang punya kemampuan menulis? Kalau Anda termasuk salah satunya, yuk mulai memaksimalkan potensi tersebut. Karena sejatinya, jasa penulis akan terus dibutuhkan.

Karena banyak loh para blogger yang nggak punya waktu lagi buat menulis untuk kepentingan konten mereka. Sehingga, mereka bakalan lebih memilih untuk menyewa jasa penulis.

Nah, untuk penghasilannya juga tergolong memuaskan kok. Apalagi kalau Anda menekuninya, dan menjadikannya sebagai pekerjaan tetap. Beuh, dijamin cuannya gede.

Kami sarankan Anda untuk belajar teknik copywriting juga ya. Karena gaji copywriter itu gede banget asli. Karena memang, nggak mudah buat menjadi seorang copywriter.

Sedang Trending :  Bisnis Online Tanpa Modal dengan Keuntungan Menggiurkan

Untuk mempelajarinya, Anda bisa membaca-baca di internet. Namun, akan lebih maksimal kalau Anda mengikuti pelatihan. Supaya bisa dipantau oleh pemateri atau pelatihnya.

Cara mendapatkan kliennya juga nggak beda jauh kok dengan yang pertama. Yang mana, Anda bisa membuat portofolio terlebih dahulu. Kalau sudah, bergabunglah ke komunitas yang ada di FB.

Anda bisa mengikuti berbagai macam grup kepenulisan, atau yang masih berkaitan dengannya. Kalau sudah, Anda bisa mulai menawarkan jasa yang Anda miliki.

Jangan lupa tulislah penawaran dengan jelas. Cantumkan semua informasi yang dibutuhkan. Termasuk metode pembayaran, dan juga cara order.

Plus nomor yang bisa dihubungi. Gampang banget kan?

Nah, itulah dia dua ide bisnis online tanpa modal yang bener-bener mudah. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.