Kekurangan Investasi Emas untuk Investasi Jangka Panjang

Pada umumnya emas masih dijadikan sebagai instrumen investasi yang paling menguntungkan oleh banyak orang. Tampaknya Hal ini karena ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh investasi emas.

Seperti jadi alat tukar, menjadi dana darurat, tidak memiliki bunga, keamanan yang lebih tinggi, proses pencairan yang mudah, bebas pajak, dapat dipilih sesuai keinginan, bisa dibeli sesuai kondisi, melindungi nilai kekayaan, dan lain sebagainya.

Tentu keunggulan ataupun keuntungan tersebut akan terus membuat masyarakat menyadari bahwa instrumen emas adalah instrumen yang paling cocok untuk dipilih.

Namun yang perlu kita Garis bawahi adalah investasi emas ini juga menawarkan beberapa kerugian. Dan sebagai calon investor Anda harus tahu apa saja kerugian investasi emas ini. Supaya bisa menentukan apakah akan memiliki instrumen emas atau tidak. Untuk penjelasan lebih lanjut nya bisa simak penjelasan berikut. 

Kerugian investasi emas

Selain hadir dengan berbagai kelebihan dan keunggulan nya, emas juga mempunyai beberapa kelemahan yang bisa mendatangkan kerugian bagi setiap investornya.

Berikut merupakan beberapa kelemahan investasi emas yang meski dipertimbangkan.

Resiko Kehilangan

Ya, kehilangan menjadi resiko terbesar dari investasi emas. Apalagi jika anda menyimpan emas tersebut di rumah, dan dalam bentuk emas perhiasan.

Kehilangan ini bisa saja terjadi karena adanya tindak kriminal baik itu pencurian ataupun perampokan.

Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan beberapa alasan. Namun biasanya, kehilangan ini juga bisa saja terjadi pada anda yang berinvestasi emas batangan.

Jadi, sebelum memilih investasi emas kami sarankan untuk memikirkan tempat penyimpanan yang paling aman. 

Harga fluktuatif

Adapun kelemahan dari investasi emas yang kedua ialah harganya yang fluktuatif.

Kita memang tidak bisa mengelak kan bahwasanya harga emas biasanya cenderung meningkat, namun perlu kita pahami juga bahwa kenaikan nya tidak akan terjadi setiap harinya.

Sedang Trending :  Tips Jualan Sayuran Di Rumah

Bukan hanya itu saja, peningkatan harga emas juga tidak terjadi dalam waktu yang tergolong cepat.

Selain itu, harga jualnya bisa saja berkurang titik nah biasanya perubahan-perubahan inilah yang kerap berdampak terhadap kulitnya

Para investor emas untuk menghitung nilai investasi yang dimilikinya untuk waktu yang akan datang.

Dan mungkin akan ada saja beberapa investor yang mengambil nilai Tengah dari fluktuasi harga emas per gramnya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan menghitung nilai investasi di masa depan.

Untuk yang akan berinvestasi emas usahakan untuk memikirkan berbagai resiko kedepannya. Salah satunya adalah fluktuasi harga emas nya sendiri.

Dampak kecil terhadap ekonomi riil

Untuk kerugian yang berikutnya adalah dampak kecil terhadap ekonomi riil. Atau sederhananya tidak bisa memberikan kontribusi yang positif.

Sedang Trending :  Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Mengapa demikian? Karena ketika memilih instrumen emas maka anda tidak bisa berkontribusi ataupun memberikan sumbangsih yang baik terhadap pertumbuhan ekonomi secara real.

Karena keuntungan yang nantinya didapatkan sangat cenderung digunakan untuk diri sendiri ataupun pribadi. Tentu sangat berbeda halnya dengan investasi saham ataupun yang lainnya.

Investasi jangka panjang

Sadar nggak sih bahwa sebenarnya investasi ini sangat tidak cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan hanya dalam waktu yang singkat.

Karena fluktuasi harga emas yang tergolong besar sama sekali bukan jaminan bahwa seorang investor akan memperoleh keuntungan yang cepat.

Keras menjadi tahu bahwasanya Harga emas naik dengan proses ataupun dengan waktu yang tergolong lama.

Itu artinya, agar mendapatkan keuntungan yang besar yakni selisih harga beli dengan harga jual yang tinggi sama sekali tidak akan anda dapatkan dalam kurun waktu yang cepat.