Risiko Investasi Emas untuk Investasi Jangka Panjang

Ketika akan terjun ke dunia investasi, ada berbagai hal yang mesti dipahami.

Mulai dari pengertian investasi itu sendiri, instrumen investasi yang akan dipilih, kelebihan dan kekurangan masing-masing instrumen investasi, sampai dengan resiko investasi.

Baik itu investasi jangka panjang, jangka pendek, ataupun jangka menengah.  Pengetahuan seputar investasi tersebut akan membuat investasi yang Anda jalankan lebih menguntungkan.

Dibandingkan hanya sekedar investasi karena ikut-ikutan atau karena trend.

Karena tidak bisa kita pungkiri bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia yang kerap melakukan investasi hanya sekedar untuk mengikuti trend saja.

Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang baik untuk ditiru. Sebab bisa menyebabkan kerugian yang besar. 

Salah satu instrumen investasi jangka panjang yang banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia adalah investasi emas.

Dan mungkin, ada beberapa di antara anda yang sudah melakukannya.

Hal ini karena investasi emas memiliki berbagai macam keunggulan. Seperti cara investasi yang mudah, sedikit resiko, sampai dengan harganya yang cenderung stabil dan meningkat.

Sedang Trending :  4 Cаrа Mеmulаі Bisnis Bagi Pemula

Sehingga dijamin aman, dan bisa memberikan banyak keuntungan. Meskipun tergolong mudah, namun tetap saja ada beberapa Resiko yang memang harus dipahami apalagi untuk yang masih pemula.

Karena memang nyaris semua investasi pasti memiliki risiko. Berikut adalah beberapa Resiko yang terjadi dalam berinvestasi emas untuk dipahami.

Resiko investasi emas

Bagi anda yang berminat akan investasi jangka panjang, dengan instrumen emas, bisa banget perhatikan ketiga risiko investasi emas berikut.

Emas palsu 

Adapun resiko investasi emas yang pertama adalah emas palsu. Tentu hal ini adalah Resiko yang memang harus benar-benar kita hindari dan kita perhatikan.

Mengapa demikian? Karena ternyata kadangkala kita tidak mengetahui dan mengenali dengan baik kandungan yang ada di dalam emas yang kita miliki. Baik itu bobot atau pun juga kadarnya.

Sedang Trending :  Kekurangan Investasi Emas untuk Investasi Jangka Panjang

Sehingga, sebelum berinvestasi emas ada baiknya jika Anda memang benar-benar sudah mempunyai pengetahuan seputar emas asli. Atau untuk amannya Anda dapat memilih toko emas yang sudah langganan dan dipercayai oleh banyak orang.

Hal ini tentu akan memberikan manfaat tersendiri untuk investasi Anda ke depannya.

Atau, bisa juga mengajak teman, atau saudara yang memang bisa membedakan mana emas palsu, dan mana emas asli. Sebab membedakan keduanya bukanlah hal mudah.

Investasi bodong 

Yang kedua adalah investasi bodong. Untuk saat ini kita kerap kali mendengar banyak kasus investasi bodong. Baik di media sosial ataupun yang terjadi di sekitar kita.

Meskipun terdengar sangat klasik, namun tetap saja kasus ini tampaknya akan terus terjadi ke depan jika kita tidak berhati-hati.

Sedang Trending :  Tips Jualan Sayuran Di Rumah

Jika ada yang menawarkan investasi emas dengan diiming-imingi banyak keuntungan dalam jangka dekat, tidak ada salahnya untuk menghindari ya.

Karena hal tersebut bisa saja modus penipuan. Yang jelas, tetap berhati-hati ketika akan berinvestasi emas. 

Kehilangan

Adapun Resiko yang terakhir adalah Kehilangan. Perlu kita ketahui bahwasanya kehilangan emas merupakan risiko terbesar ketika kita memilih untuk berinvestasi emas.

Khususnya ketika Anda memilih investasi emas dalam berbentuk perhiasan. Dan memilih untuk disimpan sendiri.

Oleh karena itu, ketika memutuskan berinvestasi emas, usahakan untuk menyimpannya di tempat-tempat yang paling aman, dan hanya orang yang paling anda percaya yang tahu tempat penyimpanannya. Supaya risiko kehilangannya semakin kecil. 

Itulah dia beberapa risiko investasi emas yang meski diperhatikan sebelum benar-benar memulai investasi jangka panjang dengan instrumen emas ini. Semoga bermanfaat.